ZIGI – Ingin memiliki bisnis online tapi bingung modalnya dari mana? Tenang, di era sekarang sudah banyak pilihan bisnis yang bisa kamu jalankan melalui online tanpa harus menggunakan modal uang, lho.

Berbekal keahlian yang kamu punya dan didukung dengan koneksi internet yang memadai, kamu sudah bisa melakukan bisnis online untuk menambah penghasilan. Apa saja sih bisnis tanpa modal yang bisa dilakukan itu? Yuk, simak sampai bawah ya, Zigi.id bakal beri rekomendasi bisnis online tanpa modal. Keep scrolling!

Baca juga: Apa Itu Hard Skill dan Seberapa Penting bagi Milenial?

Melakukan Dropshipping

Bisnis online tanpa modal pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menjadi dropshipping. Jenis pekerjaan ini pada dasarnya adalah menjualkan produk orang lain yang nantinya kamu bisa mendapatkan komisi dari barang yang dijual. Pelaku bisnis ini nantinya disebut dropshipper, guys.

Berbeda dengan reseller, kamu tidak perlu menyimpan barang sebelum menjualnya lagi sehingga kamu tidak perlu repot membuat gudang sendiri. Sistemnya, kamu cukup bekerja sama dengan supplier, lalu memasarkan produk mereka melalui website atau media sosial dan yang lainnya.

Jika ada pembeli, kamu akan menerima uang darinya dan dibayarkan kepada supplier sesuai harga barang dan kemudian supplier itulah yang akan langsung mengirim barang tersebut kepada konsumennya.

Affiliate Marketing

Melansir dari situs The Balance Small Business, Jumat, 13 Agustus 2021, kamu bisa bergabung dengan Affiliate Marketing atau pemasaran afiliasi yang pada dasarnya mirip dengan sistem dropshipping. Dengan model e-commerce ini, kamu tidak perlu repot lagi menyimpan inventaris produk, dan kamu juga tidak perlu khawatir tentang pengiriman produk ke pelanggan.

Beberapa situs afiliasi paling populer adalah Clickbank.com, Amazon.com, CJ Affiliate by Conversant (sebelumnya Commission Junction), Shopee hingga Lazada. Biasanya, mereka akan menawarkan hampir semua produk informasi digital (seperti ebook, file audio, file video) atau produk fisik yang bisa kamu jadikan sebagai bahan iklan.

Blogger

Dengan layanan seperti Blogger (www.blogger.com), kamu bisa mulai bisnis membuat blog di internet secara secara gratis alias tanpa modal. Jika nanti sudah banyak pengunjungnya dan sudah bisa dimonetisasi, kamu bisa menghasilkan uang dari iklan-iklan yang masuk ke blogmu.

Bisnis online tanpa modal ini cocok banget buat milenial karena bisa dilakukan di mana saja. Syaratnya, kamu cukup mempunyai keahlian dalam menulis dan mempunyai koneksi internet. Kunci suksesnya adalah dengan membuat konten asli yang bermanfaat bagi audiens target dan memposting secara teratur. Ingat! Jangan plagiat.

Penulis Freelance

Masih berkaitan dengan menulis, bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah menjadi penulis freelance. Bedanya dengan blogger, kamu bisa memanfaatkan keahlian menulismu untuk suatu perusahaan tertentu yang membutuhkan jasamu.

Penulis lepas juga tidak melulu soal menulis konten yang berat, saat ini copywriting (tulisan untuk iklan) sangat dibutuhkan oleh pelaku bisnis yang ingin memasarkan produknya. So, tunggu apalagi? Cobalah untuk menjadi penulis freelance yang dijamin tanpa modal.

Jadi Content Creator

Terakhir, bisnis online tanpa perlu modal uang adalah menjadi seorang content creator. Berbagai platform yang bisa kamu coba misalnya seperti YouTube, TikTok, Instagram dan lain sebagainya.

Biasanya, jika seseorang berhasil membuat konten yang menarik audiens, ia akan mendapat banyak pengikut yang bisa mendatangkan penghasilan mulai dari endorse, adsense dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia beberapa rekomendasi bisnis online tanpa modal yang bisa dipilih bagi kamu kalangan milenial. Jangan takut gagal dan cobalah untuk memulainya.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Milenial Saat Mengatur Keuangan