Kisah di Balik NFT Foto Selfie Ghozali Everyday, Pemuda asal Indonesia

Berbagai sumber
NFT Ghozali Everyday
13/1/2022, 08.33 WIB

ZIGI – NFT Ghozali Everyday terjual habis hanya hitungan hari. Pemilik akun Ghozali Ghozalu diperkirakan berhasil meraup lebih dari Rp1 miliar. NFT selfie diri tersebut menjadi bahan berita di antara komunitas pembeli NFT. 

Saat ini, kekhawatiran terbesar pemilik akun Ghozali Ghozalu ini adalah jika foto selfie miliknya digunakan untuk tindakan tidak bertanggung jawab. Simak kisah lengkap NFT Ghozali Everyday di sini ya.

Ghozali Jual NFT Denga Foto Diri Selama 5 Tahun

Akun Twitter @Ghozali_Ghozalu mengejutkan banyak orang dengan menjual foto diri dalam bentuk NFT yang diberi nama NFT Ghozali Everyday. Dalam akunnya, Ghozali bercerita bahwa kumpulan foto NFT tersebut ia ambil dalam rentang 5 tahun, dari tahun 2017 hingga 2021. 

Kebiasaan tersebut bermula sejak Ghozali berusia 18 tahun. "Ini benar-benar fotoku ketika berada di depan komputer setiap hari," keterangan akun NFT Ghozali di opensea.io/Ghozali_Ghozalu

Keputusan menjual NFT dirinya sendiri dimulai pada 10 Januari 2021. Ia menjual 933 item foto selfie dirinya. Tidak berapa lama, banyak akun yang membeli fotonya seperti Scozzi, JSPTTZ, hingga Comcool. Tidak hanya itu, NFT tersebut digunakan oleh beberapa akun sebagai foto profil. 

Foto tersebut diambil Ghozali dalam berbagai kondisi. Ada foto yang diambil setelah wawancara pekerjaan saat selesai kuliah pada tahun 2018. Ada juga foto Ghozali di depan komputer setelah vaksin kedua. Bahkan foto saat Ghozali sedang menonton Netflix juga dijual. 

Menariknya, keseluruhan NFT Ghozali Everyday tersebut memiliki pose yang sama. Ghozali sama sekali tidak tersenyum dan menatap lurus ke depan kamera. 

Tidak main-main, per hari Rabu, 12 Januari 2022, satu NFT Ghozali Everyday dihargai nyaris Rp45 juta. Harga terus naik (floor price) karena semakin banyak yang mencari koleksi tersebut. Harga ini luar biasa tinggi mengingat saat pembukaan NFT tersebut hanya terjual Rp46 ribu saja. Diperkirakan Ghozali mendapat Rp1,5 miliar dari seluruh penjualan. Saat ini di akun OpenSea, hanya empat foto Ghozali yang tersisa. 

Ghozali Khawatirkan Nasib Foto Selfie-nya

Pembelian NFT Ghozali Everyday artinya juga membeli seluruh hak foto tersebut. Dengan begitu pembeli boleh memperlakukan NFT tersebut tanpa perlu takut kena tuntutan oleh sang pemiliki foto. Hal ini-lah yang tampaknya dikhawatirkan juga oleh Ghozali. Pasalnya nyaris seluruh NFT ludes terjual oleh orang dengan latar belakang beragam. 

Netizen Twitter membagikan kecemasan jika foto Ghozali digunakan untuk hal tidak bertanggung jawab, seperti pinjaman online (pinjol). Kecemasan yang sama juga diungkapkan oleh Ghozali. 

"Kalian dapat melakukan apa saja (dengan foto tersebut), seperti membanting atau apa saja. Tapi tolong jangan melakukan perbuatan buruk degan fotoku, atau orangtuaku akan sangat kecewa. Aku percaya kalian akan menjaga baik-baik seluruh fotoku," cuit Ghozali di Twitter dalam bahasa Inggris. 

Terbaru, salah satu pembeli NFT Ghozali Everyday mengungkapkan keinginannya untuk membuat kaos dengan foto Ghozali.  

Nah begitulah kronologi dari NFT Ghozali Everyday yang sempat jadi trending di mana-mana. Bahkan beberapa selebritis Tanah Air juga tertarik dengan NFT tersebut. Informasi terakhir, akun Ghozali Ghozalu lantas jadi berita di mana-mana, termasuk di kalangan pengguna NFT.