6 Fakta Sirkuit Mandalika di Lombok, Lokasi Digelarnya MotoGP 2022

Instagram/@sirkuitmandalikalombok_
Sirkuit Mandalika
Penulis: Hadi Mulyono
8/2/2022, 10.37 WIB

ZIGI – Dibangunnya Sirkuit Mandalika menjadi sebuah mimpi yang jadi kenyataan bagi para pecinta MotoGP di Tanah Air. Sebab dengan adanya lintasan balap kelas dunia tersebut, berbagai ajang balapan yang dulu hanya bisa disaksikan di layar kaca kini bisa digelar di Indonesia.

Tahun 2022 ini, Sirkuit Mandalika siap menggelar balapan MotoGP tepatnya pada bulan Maret. Tentu saja jutaan pasang mata penggila balap Indonesia bakal fokus ke sana. Pembalap yang sudah datang ke Indonesia, Senin, 7 Februari 2022 adalah Marc Marquez.

Terlepas dari kedatangan Marc Marquez yang menyita perhatian publik, kali ini Zigi.id bakal menghadirkan berbagai fakta menarik dari Sirkuit Mandalika. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Fransesca Sofia Novello, Kekasih Valentino Rossi

1. Nama Terinspirasi dari Tokoh Legenda

Dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), nama sirkuit ini ternyata berasal dari legenda tokoh Suku Sasak yang bernama Putri Mandalika. Kisah Putri Mandalika yang kental bagi masyarakat setempat membuatnya hingga kini masih diabadikan dengan upacara Bau Nyale.

Sirkuit Mandalika diresmikan Presiden Joko Widodo pada Kamis, 12 November 2021 dengan memiliki panjang lintasan 4,31 km dan 17 tikungan. Sirkuit ini telah menyelenggarakan World Superbike Championship (WSBK) 2021 pada 19-21 November 2021 dan sebentar lagi MotoGP pada Maret 2022.

2. Menggunakan Produk Indonesia

Sebagai sirkuit standar MotoGP pertama di Indonesia, lintasan balap ini jelas menjadi kebanggaan. Lebih lagi, pembangunan Sirkuit Mandalika yang memiliki bangunan pit-stop non-permanent diproduksi 100 persen dengan produk asli Indonesia.

Pit stop tersebut terdiri dari garasi di lantai dasar, tribun penonton dan VVIP di lantai dua, dan masih banyak lagi fasilitas penunjang lainnya .

3. Memiliki Desain Motif Batik

Untuk menunjukkan ciri khas Indonesia, Sirkuit Mandalika mempunyai gambar motif batik di lintasan run-off tikungan ke-15 dan 16. Lebih tepatnya, motif batik terinspirasi dari kain tenun ikat khas Suku Sasak (Lombok) dengan warna cat merah dan putih.

 

4. Menawarkan Pemandangan yang Indah

Selama ini Lombok, NTB dikenal sebagai Bali kedua di Indonesia karena menawarkan pemandangan yang indah. Di sekitar Sirkuit Mandalika, tersaji lukisan alam berupa pantai-pantai indah dan bersih yang bisa menjadi destinasi wisata.

Di antara pantai yang berjejer di sekitar sirkuit tersebut seperti Pantai Seger, Pantai Gerupuk, Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Kuta Mandalika.

5. Teknologi Aspal Terbaru

Menurut testimoni para pembalap internasional yang sudah menjajal Sirkuit Mandalika, mereka menyebut lintasan cukup baik dan memuaskan. Hal ini tak lepas dari penggunaan teknologi terbaru berupa campuran aspal bernama Stone Mastic Asphalt (SMA).

Aspal ini memiliki daya penetrasi tinggi yang memungkinkan pembalap bisa melaju dengan kencang dan meminimalisir kecelakaan saat lintasan basah. Teknologi ini telah diterapkan oleh tiga sirkuit lainnya yang seperti yang ada di Inggris, Abu Dhabi, dan Australia.

6. Saksi Pembalap WSBK Toprak Razgatlioglu Juara Dunia

Sebagaimana yang telah disinggung di awal, Sirkuit Mandalika sukses menggelar kejuaraan WSBK, 19-21 November 2021. Di tempat inilah pembalap asal Turki, Toprak Razgatlioglu memastikan gelar juara dunia Superbike. Pembalap 25 tahun tersebut sukses menggeser dominasi Jonathan Rea di Sirkuit Mandalika.

Demikian deretan fakta menarik Sirkuit Mandalika, Lombok yang sebentar lagi bakal menggelar ajang kelas dunia. MotoGP. Bersiaplah untuk menjadi saksi pembalap-pembalap dunia memacu kendaraannya di Indonesia.

Baca Juga: 5 Fakta Mario Suryo Aji, Calon Pebalap MotoGP Asal Indonesia