8 Cemilan yang Cocok Dibawa Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Pexels
Snack Saat Mudik
28/4/2022, 13.15 WIB

ZIGI – Mudik adalah tradisi yang selalu dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri. Berbeda dengan dua tahun terakhir yang dilarang mudik, tahun ini pemerintah memperolehkan warganya untuk pulang ke kampung halaman.

Perjalanan pulang kampung pasti cukup melelahkan dan apabila tidak membawa bekal yang cukup justru menambah biaya pengeluaran. Tidak ingin pengeluaran semakin membengkak, bukan? Berikut cemilan yang cocok dibawa saat mudik. Simak yuk ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Asal Usul 6 Hidangan Tradisi Lebaran dari Opor hingga Kue Kering

Jajanan Pasar

Rekomendasi pertama yang cocok untuk dibawa saat mudik adalah jajanan pasar. Jika jarak tempuh tidak menghabiskan lebih dari satu hari, jajanan berupa makanan basah seperti risoles, pastel maupun pudding bisa kalian bawa nih.

Namun, apabila perjalanan ke kampung halaman menempuh waktu lebih dari dua hari maka kalian perlu membawa jajanan pasar yang kering seperti kue sagon, kue kembang goyang, kue lidah kucing maupun kue satru.

Potongan Buah

Saat perjalanan mudik, biasanya cukup gerah terlebih memasuki musim kemarau. Untuk mengatasi tenggorokan kering dan lelah, kalian dapat membawa potongan buah yang sudah dipersiapkan sebelum berangkat, nih.

Kalian bisa membawa jeruk, apel, anggur, kelengkeng atau buah sejenisnya yang mudah dibawa dan awet sehingga bisa bertahan lebih lama saat di bawah perjalanan mudik. Dengan kandungan vitamin dalam buah, membuat tubuh lebih fresh dan tidak mudah capek.

Biskuit

Bagi yang suka lapar pasti akan menjadi masalah berat selama perjalanan pulang ke kampung halaman. Untuk berjaga-jaga mengatasi perut yang selalu lapar, kalian bisa loh membawa biskuit. Tidak perlu bawa sekaleng ya, kalian dapat membawa sebutuh kalian saja.

Terlebih kalau lewat jalan tol, mencari tempat untuk berhenti sangat jauh dan saat ini ada aturan ketika berhenti di rest area.

Keripik

Terkadang ada tipikal orang yang suka makan keripik selama perjalanan, apakah kalian termasuk salah satunya? Jika iya, maka wajib untuk membawa keripik baik keripik kentang, ketela atau sejenisnya untuk dibawa selama perjalanan.

Memakan keripik terkadang membuat orang tidak mudah ngantuk dan tidak terlalu mengenyangkan sehingga cemilan keripik harus masuk ke list makanan yang perlu kalian bawa saat mudik.

Kacang-Kacangan

Cemilan berupa kacang-kacangan juga dapat menjadi salah satu rekomendasi yang perlu kalian masukkan ke dalam list cemilan saat mudik. Sebab, kacang-kacangan mengandung beberapa protein yang baik untuk tubuh.

Kalian bisa membawa kacang tanah, kacang almond, kacang mete, kacang kedelai dan sejenisnya. Saat kalian butuh makan tapi lagi tidak mau makan berat maka kacang-kacangan jadi rekomendasi yang pas untuk menemani perjalanan mudik kalian.

Cokelat

Cokelat juga cocok dibawa untuk cemilan saat mudik karena tidak mudah bikin capek. Terlebih jika kalian berada di jalan yang macet, makan cokelat justru direkomendasikan karena dapat memberikan perasaan senang.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan theobromine, kafein, phenylethylamine, anandamine dan gula yang bisa menimbulkan rasa bahagia. Selain itu, kandungan gula dalam cokelat juga dapat memberikan energi bagi kalian yang sedang mengendarai kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Roti

Jika nasi sudah habis namun ingin makan yang mengenyangkan maka kalian harus membawa roti. Makanan ini dapat kalian persiapkan sebelum perjalanan mudik agar tetap bertenaga terlebih jika kalian tidak dapat mampir ke restoran terdekat karena terjebak macet.

Kandungan karbohidrat sebagai pengganti yang terdapat di nasi. Sehingga perut kalian akan mudah terisi dan tidak mudah lemas selama perjalanan. Roti juga wajib kalian bawa jika memiliki tekanan darah rendah. Pasalnya bagi pasien dengan menderita penyakit ini, tidak boleh perutnya kosong karena bisa menyebabkan pusing hingga pingsan.

Snack Bar

Di minimarket saat ini sudah banyak snack bar yang dijajakan. Snack ini merupakan cemilan dengan kaya protein berupa oat, kacang-kacangan hingga buah-buahan kering. Cemilan ini sangat direkomendasikan buat kalian yang ingin nyemil tapi tetap sehat.

Terlebih jika kalian ingin menjaga bentuk tubuh ideal dan tidak ingin konsumsi makan berlebih, snack bar dapat menjadi rekomendasi cemilan selama perjalanan mudik.

Nah itu tadi cemilan-cemilan yang direkomendasikan untuk dibawa saat perjalanan mudik. Pastikan segala keperluan tercukupi seperti air minum, obat-obatan hingga makanan selama perjalanan.

Baca Juga: 5 Tips Jaga Berat Badan saat Lebaran, Awas Kalap!