Sri Mulyani: Indikator Negara Maju Tidak Hanya Pertumbuhan Ekonomi

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut indikator negara maju tidak hanya berupa pertumbuhan ekonomi, tetapi juga sumber daya manusia yang mumpuni.
Image title
12 September 2021, 20:41
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Antara/Hafidz Mubarak
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Indonesia mempunyai target menjadi negara maju pada 2045. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut indikator negara maju tidak hanya berupa pertumbuhan ekonomi di atas lima persen setiap tahun, angka kemiskinan, kesenjangan, dan sebagainya.

“Namun, kemajuan suatu bangsa pasti selalu terikat dan ditentukan oleh kualitas manusianya,” kata Menkeu Sri Mulyani pada pembukaan Olimpiade APBN 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Minggu 12 September 2021, melansir Antara.

Dia mengungkapkan Indonesia juga mesti mampu memenangkan berbagai lomba internasional, mulai dari olimpiade olahraga, festival film, nobel, berbagai macam ajang lainnya.

Selain itu, aspek fisik Indonesia juga akan diukur untuk menjadi negara maju sehingga infrastruktur jalan raya, jalan tol, transportasi modern, dan kereta cepat terus dibangun oleh pemerintah.

Saat ini, lanjut Sri Mulyani, pemerintah juga terus mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas. Hal ini juga dilakukan sebagai syarat Indonesia untuk menjadi negara maju.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait