Sri Mulyani: Indikator Negara Maju Tidak Hanya Pertumbuhan Ekonomi

Annissa Mutia
12 September 2021, 20:41
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Antara/Hafidz Mubarak
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Indonesia mempunyai target menjadi negara maju pada 2045. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyebut indikator negara maju tidak hanya berupa pertumbuhan ekonomi di atas lima persen setiap tahun, angka kemiskinan, kesenjangan, dan sebagainya.

“Namun, kemajuan suatu bangsa pasti selalu terikat dan ditentukan oleh kualitas manusianya,” kata Menkeu Sri Mulyani pada pembukaan Olimpiade APBN 2021 secara daring yang dipantau di Jakarta, Minggu 12 September 2021, melansir Antara.

Advertisement

Dia mengungkapkan Indonesia juga mesti mampu memenangkan berbagai lomba internasional, mulai dari olimpiade olahraga, festival film, nobel, berbagai macam ajang lainnya.

Selain itu, aspek fisik Indonesia juga akan diukur untuk menjadi negara maju sehingga infrastruktur jalan raya, jalan tol, transportasi modern, dan kereta cepat terus dibangun oleh pemerintah.

Saat ini, lanjut Sri Mulyani, pemerintah juga terus mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas. Hal ini juga dilakukan sebagai syarat Indonesia untuk menjadi negara maju.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement