Bahas Ekonomi AS - Cina, Joe Biden dan Xi Jinping Akan Bertemu Virtual

Annissa Mutia
14 November 2021, 16:06
Jonathan Ernst Presiden AS Joe Biden
ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst/PRAS/sa.
Jonathan Ernst Presiden AS Joe Biden

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan mengadakan pertemuan virtual dengan pemimpin Cina Xi Jinping pada hari Senin (15/11/2021), Gedung Putih melaporkan. Kedua pemimpin dunia itu akan melakukan pembicaraan yang diharapkan Washington akan menciptakan stabilitas di tengah meningkatnya ketegangan di antara dua negara ekonomi terbesar dunia itu.

Melansir Reuters, pertemuan virtual ini diharapkan menjadi pertemuan paling ekstensif para pemimpin di bawah pemerintahan Biden dan akan menindaklanjuti topik dalam perbincangan telepon antara keduanya pada 9 September 2021.

Advertisement

Washington dan Beijing selama ini berdebat tentang beragam masalah, mulai dari asal mula pandemi Covid-19 hingga perluasan persenjataan nuklir Cina. Para pejabat AS percaya keterlibatan langsung dengan Xi adalah cara terbaik untuk mencegah hubungan yang meningkat ke arah konflik.

"Kedua pemimpin akan membahas cara untuk mengelola kompetisi secara bertanggung jawab serta cara bekerja sama di mana kepentingan kita selaras," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki dalam sebuah pernyataan. "Presiden Biden akan memperjelas niat dan prioritas AS dan menjadi jelas dan jujur tentang keprihatinan kami."

Beijing juga ingin menghindari konfrontasi karena Xi menghadapi tahun yang penting ke depan dengan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Cina dan Kongres Partai Komunis utama di mana ia berupaya mengamankan masa jabatan untuk ketiga kalinya—dan sekaligus yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement