Mudik Lebaran 2022, BMKG Prediksi Hujan Lebat Guyur Wilayah Indonesia

Annissa Mutia
30 April 2022, 14:27
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca, potensi hujan lebat dan angin ken
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Pemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca, potensi hujan lebat dan angin kencang wilayah Pantai Utara Jawa.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa prakiraan cuaca di sejumlah daerah pada 30 April hingga 2 Mei mendatang diprediksi akan berpotensi hujan lebat yang disertai kilat dan angin kencang.

Sebelumnya, pemerintah telah memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2022 akan terjadi pada 29 dan 30 April 2022 sedangkan arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 7-8 Mei 2022.

"Mulai tanggal 25 April-1 Mei, hampir seluruh Indonesia berpotensi mengalami hujan dengan intensitas hujan sedang hingga lebat, kecuali di wilayah Flores. Namun, hujan tersebut berlangsung dengan durasi singkat, terutama jelang sore hingga malam hari,” ungkap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Kamis (28/4/2022) malam.

Perkiraan Cuaca Lebaran 2022
Perkiraan Cuaca Lebaran 2022 (BMKG)
Perkiraan Cuaca Lebaran 2022
Perkiraan Cuaca Lebaran 2022 (BMKG)

BMKG memberikan peringatan dini pada 30 April tentang waspada potensi hujan disertai pertir dan anging kencang di hampir seluruh wilayah DKI Jakarta, seperti Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur sore hari dan menjelang malam hari. Selain DKI Jakarta, hujan disertai angin kencang juga diperkirakan melanda Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Selatan, dan Papua Barat.

Sementara, beberapa provinsi di Indonesia esok hari berada dalam kategori "Waspada" terhadap bencana hidrometeorologi (Genangan, Banjir, Banjir Bandang, dll) dampak dari potensi hujan lebat pada 1 Mei 2022. Beberapa provinsi tersebut, antara lain DKI Jakarta, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tengah.

Kemudian, pada 2-4 Mei sebagian besar wilayah Indonesia diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang, kecuali di Bali dan Nusa Tenggara, serta di Sulawesi. Hujan tersebut berpotensi terjadi sore hingga malam hari, juga dalam durasi singkat. Kemudian pada 5-10 Mei, hujan semakin berkurang intensitasnya, dan semakin melemah meski terjadi di seluruh Indonesia.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...