Empat Hal yang Perlu Diperhatikan Pemudik Saat Balik dari Kampung

Hanna Farah Vania
19 Mei 2021, 09:45
Pengemudi ojek daring melintas di dekat spanduk penolakan warga terhadap pemudik di Kelurahan Cimahpar, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021).
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Pengemudi ojek daring melintas di dekat spanduk penolakan warga terhadap pemudik di Kelurahan Cimahpar, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/5/2021).

Meski pemerintah melarang kegiatan mudik namun masih banyak masyarakat yang tetap nekat melakukannya. Kementerian Perhubungan mencatat bahwa jumlah pemudik pada Lebaran 2021 sebanyak 1,5 juta orang.

Berkaca dari hal tersebut, pemerintah menyiapkan antisipasi arus balik yang diprediksi antara 16-20 Mei dengan melakukan sejumlah penyekatan. Selain itu, melakukan tes terhadap pemudik guna meminimalisasi penyebaran virus corona

Advertisement

Hal tersebut tentunya perlu didukung oleh masyarakat, terutama para pemudik yang kembali dari kampung halaman. Mereka perlu menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar dari Covid-19, ketika sampai di rumah. 

Berikut ini upaya yang bisa dilakukan pemudik untuk menghindari penyebaran virus saat pulang ke rumah. 

1. Melakukan karantina mandiri dan tes kesehatan

Sesampainya di rumah, bersihkan diri, mengganti pakaian, dan mendesinfeksi seluruh barang bawaan. Sebaiknya juga melakukan karantina mandiri selama 5 x 24 jam. Tak hanya itu, pemudik juga perlu mengecek kesehatan secara mandiri sebelum memulai beraktivitas.

Menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo di kanal Youtube Sekretariat Presiden, pemudik juga perlu mematuhi imbauan dari pemerintah daerah hingga tokoh-tokoh daerah. 

2. Bersihkan kendaraan saat tiba di tujuan

Khususnya bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari kampung halaman untuk kembali ke rumah akan melewati banyak virus dan bakteri yang berterbangan di udara. Sehingga, kemungkinan virus dan bakteri tersebut menempel pada permukaan sangat besar.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement