Epidemiolog: Penerapan Pembelajaran Tatap Muka Jangan Tergesa-gesa

Arofatin Maulina Ulfa
25 Mei 2021, 12:55
Sejumlah siswa mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka di SD Cimahi Mandiri 2, Cimahi, Jawa Barat, Senin (24/5/2021). Pemerintah Kota Cimahi menggelar simulasi pembelajaran tatap muka di 27 PAUD/TK, 102 SD dan 38 SMP sebagai persiapan pelaksanaan pembe
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/hp.
Sejumlah siswa mengikuti simulasi pembelajaran tatap muka di SD Cimahi Mandiri 2, Cimahi, Jawa Barat, Senin (24/5/2021).

Pemerintah akan memberlakukan kebijakan pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas pada Juli 2021. Epidemiolog Universitas Airlangga Laura Navika Yamami mengingatkan, pemerintah harus tetap waspada terhadap penyebaran Covid-19 jika sekolah dibuka kembali. 

“Meskipun pemerintah telah mengeluarkan surat keputusan bersama (SKB) empat menteri, kegiatan PTM ini tidak bisa dilakukan tergesa-gesa,” kata Laura dalam Focus Group Discussion (FGD) bertema “Penerapan Prokes 3M di Sekolah Dasar Jelang PTM” yang diselenggarakan oleh Katadata, Senin (24/21).

Advertisement

Menurutnya, kegiatan PTM tetap harus memperhatikan situasi penyebaran Covid-19 di daerah-daerah. Faktor keselamatan dan kesehatan tetap lebih penting dari pendidikan. 

SKB 4 Menteri merupakan surat keputusan yang menyatakan tiap sekolah wajib memberikan layanan belajar tatap muka terbatas setelah seluruh pendidik dan tenaga kependidikan menerima vaksin virus corona

SKB ini ditandatangani Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Di samping itu, Laura mengatakan, penting untuk memastikan penerapan protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak) dijalankan oleh siswa ketika di dalam kelas. Salah satunya dengan membentuk satgas untuk mengawasi kedisiplinan penerapan 3M.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement