Mengapa Penting Mengganti Masker Secara Berkala?

Hanna Farah Vania
5 Juni 2021, 07:00
Petugas Satpol PP mendata warga yang tidak memakai masker saat razia masker di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (2/6/2021).
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/nz
Petugas Satpol PP mendata warga yang tidak memakai masker saat razia masker di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (2/6/2021).

Sejak awal 2021, Indonesia sudah memulai proses vaksinasi virus corona. Dari target vaksinasi 181,5 juta orang, berdasarkan data per 30 Mei 2021, sebanyak 16,3 juta orang sudah mengikuti vaksinasi pertama dan 10,5 juta orang mendapat vaksinasi kedua. 

"Tetap mematuhi protokol kesehatan 3M walaupun sudah menerima vaksin. Penting untuk diingat program vaksinasi saat ini masih terus berjalan agar kekebalan komunitasnya bisa tercapai," ujar Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Hal penting yang juga perlu diperhatikan adalah mengganti masker tiap enam jam sekali agar tidak menjadi sarang bakteri dan mikroba. Meski sudah memakai masker, penggunaan dengan tepat tetap harus dilakukan. Jika tidak, maka akan sia-sia penggunaannya. 

Sebuah percobaan yang dilakukan laboratorium Eurofins di Singapura memperlihatkan bahwa bakteri, jamur dan ragi ditemukan dalam jumlah banyak ketika masker dipakai dalam waktu 12 jam. Eksperimen tersebut menggunakan masker sekali pakai dan masker yang bisa dipakai lagi. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...