7 Cara Agar Anak di Bawah Dua Tahun Terhindar dari Virus Corona

Arofatin Maulina Ulfa
12 Juni 2021, 07:00
7 Cara Agar Anak di Bawah Dua tahun Terhindar dari Virus Corona
ANTARA FOTO/Jojon/foc.
Seorang ibu menggendong balita saat mudik menggunakan kapal cepat di Pelabuhan Nusantara Kendari, Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (5/5/2021).

Anak di bawah usia dua tahun menjadi kelompok usia paling rentan terhadap Covid-19. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), agensi kesehatan publik nasional Amerika Serikat, bayi pada usia tersebut tidak dianjurkan untuk mengenakan masker maupun face shield untuk mencegah penularan virus corona melalui droplets

Kedua alat tersebut dapat meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). “Sementara ketika bayi bergerak, pelindung wajah dan masker berpotensi menghalangi hidung dan mulut mereka atau menyebabkan tali pengikat mencekik,” demikan pernyataan di laman CDC, Kamis (13/5).

Advertisement

Menurut CDC, Vaksinasi Covid-19 baru direkomendasikan kepada yang berusia 12 tahun ke atas. Adapun di Indonesia, belum terdapat anjuran bagi anak-anak untuk melakukan vaksin kecuali yang telah berusia 18 tahun ke atas.

Untuk mencegah penularan Covid-19 pada anak, berikut terdapat langkah pencegahan ekstra yang dapat diperhatikan para orang tua. Pertama, menghindari membawa anak di kerumunan dan ruangan berventilasi tertutup. Kedua, menjauhkan anak dari orang yang sedang sakit. 

Ketiga, mencuci tangan sesering mungkin ketika kembali dari luar rumah, sebelum menyentuh anak, sebelum menyusui, dan ketika menyiapkan botol susu atau makanan.  Keempat, rajin membersihkan permukaan dan benda yang sering disentuh. 

Kelima, biasakan untuk tidak menyentuh area mata, hidung, dan mulut. Keenam, gunakan masker di rumah jika sedang sakit dan batasi kontak dengan anak hingga gejala berhenti. Terakhir, jika membawa anak keluar rumah dengan gendongan bayi, letakkan selimut di atas gendongan. Pastikan selimut tidak menyentuh bayi dan bersihkan gendongan atau kereta dorong ketika tiba di rumah.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement