Dari Mana Saja Potensi Terkena Covid-19?

Dini Hariyanti
23 Juli 2021, 10:20
Dari Mana Saja Potensi Terkena Covid-19?
ANTARAFOTO/Wahyu Putro A/foc.
Dua warga melintasi restoran yang tutup saat pemberlakuan PPKM di kawasan Blok M Jakarta, Rabu (21/7/2021).

Sejumlah orang tetap terkena Covid-19 walaupun merasa sudah taat terhadap protokol kesehatan serta disiplin di rumah saja. Rupanya, ada beberapa hal yang mungkin tanpa kita sadari menjadi celah penyebaran virus corona.

Kemungkinan pertama ketika menerima tamu di dalam rumah. Sebaiknya hindari hal ini. N amun apabila sulit diterapkan coba lakukanlah tindakan preventif, antara lain menerima tamu di luar ruangan sembari tetap menjaga jarak. Jangan lupa kenakan masker ganda selama berinteraksi. 

Advertisement

“Tidak perlu memberikan jamuan makan dan minum, serta batasi durasi kunjungan. Semakin lama durasi, semakin meningkatkan risiko tertular,” demikian anjuran yang dikutip dari laman resmi Kawalcovid19.id, Rabu (21/7).

Kedua, kemungkinan celah penularan berasal dari aktivitas olahraga di luar ruangan bersama orang yang tidak serumah dengan kita. Untuk sementara, Anda masih bisa melakukan olahraga di dalam rumah. Bisa juga melihat ragam kegiatan gerak tubuh yang bisa diakses di YouTube

Ketiga, aktivitas belanja harian mungkin luput dari perhatian kita dan berpotensi sebagai pintu penularan. Jika terpaksa harus ke pasar misalnya, coba pilih jam berbelanja yang tidak lazim untuk menghindari keramaian pengunjung. Sebelum berangkat, siapkan daftar belanja sehingga waktu berbelanja lebih efisien.

Keempat, kegiatan harian lain yang juga berisiko ialah ketika menerima kiriman paket atau makanan dari pihak kurir. Preventif yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker ganda saat menerima paket, serta bersihkan barang kiriman sebelum dibawa masuk ke rumah.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement