Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang Saat Pemulihan Covid-19

Hanna Farah Vania
26 Juli 2021, 15:00
Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang Saat Pemulihan Covid-19
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/foc.
Anggota Tagana menyiapkan makanan untuk warga terdampak COVID-19 di Dapur Umum Posko Tagana Kabupaten Sleman, D.I Yogyakarta, Kamis (3/6/2021). Saat ini dapur umum yang didirikan oleh Pemkab Sleman itu menyuplai kebutuhan makan berupa makanan berat, minuman maupun buah-buahan untuk sekitar 400 warga di Sleman yang tengah melakukan isolasi atau karantina akibat COVID-19.

Saat melakukan isolasi mandiri, pasien Covid-19 perlu memperhatikan beberapa hal penting seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang untuk menunjang proses pemulihan tubuh.

"Jangan lupa banyak minum air matang dan bersih atau air mineral agar tidak dehidrasi dan konsumsi hanya makanan bergizi seimbang,” ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro dalam siaran pers beberapa waktu lalu. 

Reisa mengungkapkan, pasien Covid-19 juga harus rajin berolahraga serta mempersiapkan stok vitamin dan suplemen. Hal lain yang perlu diperhatikan saat isolasi mandiri adalah memastikan tempatnya memiliki sirkulasi udara yang baik.

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan panduan gizi seimbang pada masa Covid-19. Pertama, mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, jagung, kentang, umbi hingga sagu. 

Kedua, memenuhi asupan protein dari sumber makanan seperti tempe, kacang-kacangan, daging, telur, ayam, ikan, dan lainnya.

Ketiga, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan yang merupakan sumber vitamin, mineral dan serat. Terutama, sayuran dan buah-buahan yang berwarna warni. “Sayuran dan buah itu sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk mengoptimalkan sistem imunitas di kala masa pandemi seperti ini,” ujar Reisa.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...