Belajar dari AS, Vaksinasi Penting untuk Menekan Kematian Akibat Covid

Arofatin Maulina Ulfa
10 Agustus 2021, 08:00
Warga menggunakan kostum cosplay karakter anime jepang mengikuti antrean untuk menjalani vaskinasi Covid-19 di Jakarta Convention Hall A dan B, Jakarta, Sabtu, (31/7/2021). Upaya mendorong target vaksinasi Kementerian Kesehatan mencapai 208.265.720 total
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Warga menggunakan kostum cosplay karakter anime jepang mengikuti antrean untuk menjalani vaskinasi Covid-19 di Jakarta Convention Hall A dan B, Jakarta, Sabtu, (31/7/2021).

Saat ini belum ditemukan cara lain untuk menekan laju kematian akibat Covid-19 kecuali dengan vaksinasi. Hal ini disampaikan oleh Rochelle Walensky, Direktur Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) Amerika Serikat.

Dikutip dari Cnet.com, hal tersebut berdasarkan temuan CDC bahwa sebagian besar pasien yang dirawat di rumah sakit karena Covid-19 dan meninggal ternyata belum sepenuhnya divaksinasi. Sementara lebih dari 97 persen kasus rawat inap akibat Covid-19  saat ini juga orang yang belum divaksinasi.

Advertisement

"Ada pesan yang cukup jelas bahwa ini menjadi pandemi bagi mereka yang tidak divaksinasi," ujar Rochelle. 

Sebelumnya, pada pada awal Juli, Kepala Penasehat Medis Presiden AS Anthony Fauci mengatakan kepada CBS bahwa 99,2 persen kematian akibat Covid-19 adalah orang yang tidak divaksinasi.

Di negara bagian Texas seperti dilaporkan Texas Tribune, 99,5 persen orang yang meninggal karena Covid-19 sejak Februari hingga 14 Juli tidak mendapatkan vaksinasi. Vaksin memang baru tersedia untuk orang dewasa di negara bagian itu pada akhir Maret. 

Sementara di Missouri selatan, negara bagian yang disebut sebagai hot spot varian Delta, hampir setiap kasus Covid-19 yang berada di rumah sakit Springfield merupakan pasien yang tidak divaksinasi.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement