Sambut Tren Sektor Animasi, Kominfo Gelar Rangkaian Kelas Online

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Publikasi Katadata
13 September 2021, 09:38
Sambut Tren Sektor Animasi, Kominfo Gelar Rangkaian Kelas Online
Kemenkominfo

Dunia animasi menjadi salah satu subsektor industri kreatif yang masih dapat tumbuh di kala pandemi COVID-19. Berdasarkan informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pelaku usaha di bidang ini kebanjiran permintaan untuk membuat video animasi mengenai penanganan COVID-19.

Sementara itu, survei yang dilakukan Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI) terhadap 120 studio animasi di Indonesia menemukan bahwa, nilai jasa animasi yang dihasilkan pada tahun 2020 diperkirakan mencapai Rp 600 miliar-Rp 800 miliar. 

Jumlah tersebut pun hanya mewakili seperlima total studio animasi yang ada di Indonesia. Hal demikian menunjukkan bahwa industri animasi lokal memiliki potensi Rp 3 triliun sekalipun  di tengah kondisi pandemi COVID-19.

AINAKI juga mencatat bahwa antara tahun 2015-2019, industri animasi Indonesia tumbuh sebesar 153 persen dan diikuti dengan kenaikan jumlah kemunculan studio animasi yang tersebar di 23 kota. Lebih dari itu, karya-karya animator-animator Indonesia pun diakui di dunia internasional. 

Beberapa karya animasi terkenal di dunia seperti Lego Movies, Sonic, Rabbids Invasion, the Adventures of Tintin diketahui melibatkan industri animasi dalam negeri. Hal demikian menjadi bukti berkembang pesatnya ekosistem sektor kreatif animasi. 

Melihat tren dunia digital, khususnya potensi dunia animasi yang terus bertumbuh di kondisi pandemi COVID19, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) SiBerkreasi, menginisiasi rangkaian Kelas Animasi Online yang berlangsung sejak September 2021 dan dibuka untuk seluruh masyarakat. 

Rangkaian kelas ini terbagi dalam delapan sesi mengenai teknis pembuatan animasi secara sederhana yang diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu. Diawali dengan pemberian materi dasar membuat cerita, kelas ini juga mengulas kiat-kiat pembuatan materi pascaproduksi, hingga publikasi karya animasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...