Lakukan Skrining Pribadi Ketika Keluar Rumah Saat Pandemi

Arofatin Maulina Ulfa
15 September 2021, 12:20
Lakukan Skrining Pribadi Ketika Keluar Rumah Saat Pandemi
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/wsj.
Warga berbelanja di salah satu pasar swalayan, Jakarta, Jumat (2/7/2021).

Kasus positif Covid-19 di Indonesia menurun dalam beberapa pekan terakhir di tengah pandemi corona yang masih berlangsung. Pemerintah pun melakukan pelonggaran dengan membuka kembali beberapa fasilitas publik, seperti pusat perbelanjaan.

Meski demikian, masyarakat yang hendak berkegiatan jangan tidak boleh mengabaikan protokol kesehatan. Termasuk, melakukan skrining terhadap diri sendiri ketika hendak keluar rumah.

Melansir situs Covid19.co.id, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, Reisa Broto Asmoro, skrining bisa dilakukan dengan mengecek suhu tubuh dan memastikan tidak sedang sakit.

Tinggi atau rendahnya suhu tubuh seseorang bisa menjadi indikator kondisi kesehatan. Mengutip dari situs Alodokter.com, suhu tubuh normal umumnya berada di rentang antara 36,5–37,2o Celsius.

Selanjutnya, Reisa mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker dobel agar efektivitas lebih optimal. Bila memungkinkan masyarakat perlu membawa pencuci tangan, masker cadangan, dan desinfektan pribadi.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun dan berlama-lama di pusat perbelanjaan. Upayakan berada di ruang dengan ventilasi yang baik serta menyiapkan aplikasi Peduli Lindungi ketika akan mengunjungi pusat perbelanjaan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...