Apa Saja yang Dicari Masyarakat Indonesia di Internet Saat Pandemi?

Hanna Farah Vania
15 Oktober 2021, 13:10
Internet
Arief Kamaludin|KATADATA

Laporan Think with Google bertajuk “Year in Search 2020 Indonesia” mengungkap berbagai temuan dari penelusuran kata kunci di internet yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia selama pandemi corona.

Dari temuan-temuan tersebut, di antaranya menggambarkan kepedulian masyarakat akan upaya menangani permasalahan individu. Termasuk, upaya meningkatkan keterampilan diri dalam menghadapi era ketidakpastian.

Masyarakat juga mulai sadar akan pentingnya merawat lingkungan sekitar dan mengadopsi gaya hidup tersebut selama melakukan karantina mandiri. Selain itu, untuk tetap merasakan kebahagian di tengah pembatasan berbagai hal, masyarakat berupaya mencari kesenangan di internet melalui penelusuran terkait humor atau hobi. 

Berbagai hal tersebut dirangkum dalam lima aspek berikut ini:

1. Persoalan Individu

Terdapat dua temuan penting dalam aspek ini. Pertama, terdapat peningkatan pencarian mengenai kesehatan mental di internet. Google menemukan bahwa masyarakat Indonesia menggunakan internet untuk memprioritaskan kesehatan mental dan kualitas hidupnya. Penelusuran terkait kesehatan mental meningkat hingga 70 persen dan perawatan diri 45 persen.

Kedua, banyaknya persoalan sosial domestik dan global memicu masyarakat Indonesia untuk lebih mengedukasi diri sendiri. Antara lain terlihat dari penelusuran mengenai definisi rasisme yang meningkat 40 persen dan kesetaraan gender yang meningkat hingga 25 persen.

2. Tujuan yang Lebih Tinggi

Pandemi turut meningkatkan rasa kemanusiaan dan nilai yang ada dalam diri. Masyarakat mulai sadar akan pentingnya merawat lingkungan sekitar dan mengadopsi gaya hidup tersebut selama melakukan karantina mandiri. 

Pencarian mengenai masker yang dapat digunakan kembali mengalami peningkatan.  Selain itu, penelusuran mengenai bebas plastik sebagai respons kebijakan Jakarta terhadap pelarangan penggunaan plastik sekali pakai naik hingga 35 persen. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...