Penyintas Covid-19 Perlu Perhatikan Dua Hal Penting Ini

Hanna Farah Vania
23 Oktober 2021, 07:00
Petugas kesehatan mengambil sampel darah penyintas COVID-19 saat proses donor plasma darah konvalesen di Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (24/3/2021). Rumah sakit rujukan COVID-19 di Kota Pekanbaru menyatakan mas
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Petugas kesehatan mengambil sampel darah penyintas Covid-19 saat proses donor plasma darah konvalesen di Unit Tranfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (24/3/2021).

Meski penyintas dianggap memiliki kekebalan tubuh setelah terpapar virus corona, vaksinasi tetap perlu dilakukan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tetap menganjurkannya, sebab hal ini dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. 

Kepala Ilmuwan WHO Dr. Soumya Swaminathan mengatakan, meski penyintas mendapatkan respons imun setelah terpapar, namun tingkat kekebalannya bermacam-macam. Tingkat kekebalan ini tergantung pada infeksi yang dirasakan, ringan atau berat.

Swaminathan menyebutkan, jika penyintas merasakan infeksi ringan atau bahkan tanpa gejala, tingkat antibodi yang dibentuk akan semakin rendah. “Jadi, inilah mengapa penyintas tetap disarankan untuk vaksin karena dapat berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh,” katanya dalam video yang berjudul “WHO’s Science in 5 on Covid-19: Do I Still Need the Vaccine if I Have Covid-19?”.

Terdapat dua aspek utama yang perlu diperhatikan penyintas Covid-19 ketika akan divaksinasi. Pertama, menurut Swaminathan, ialah waktu. Disarankan untuk menunggu beberapa minggu setelah pulih dari Covid-19. Hal yang perlu diperhatikan juga adalah memastikan tidak ada gejala dan badan harus sepenuhnya fit untuk disuntik. 

Ia menambahkan, terdapat perbedaan di tiap negara terkait waktu jeda untuk vaksinasi. Beberapa negara menyarankan untuk menunggu selama tiga sampai enam bulan setelah terpapar. Sebab, penyintas akan memiliki antibodi alami dan dapat melindungi dalam jangka waktu tersebut. 

Selain itu, karena terdapat keterbatasan pasokan vaksin. “Namun dari sudut pandang biologi dan sains, penyintas dapat segera melakukan vaksinasi setelah pulih dari Covid-19,” ucapnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...