Covid-19 Bisa Menginfeksi Hampir Satu Tahun

Image title
6 November 2021, 07:30
Pengendara melintas di depan mural bertema COVID-19 di kawasan Jalan Nusantara, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (1/11/2021)
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
Pengendara melintas di depan mural bertema Covid-19 di kawasan Jalan Nusantara, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (1/11/2021).

Seorang perempuan di Amerika Serikat terinfeksi virus corona selama hampir satu tahun. Wanita penderita kanker berusia 47 tahun ini merupakan penderita Covid-19 terlama sampai sejauh ini.

Berdasarkan informasi dari Live Science, dia pertama kali mendapat perawatan akibat Covid-19 pada musim semi 2020 di National Institutes of Health (NIH) di Maryland, Amerika Serikat. Perempuan itu lantas mengalami gejala sampai 335 hari kemudian.

Kondisi tersebut juga kian pasti karena hasil tes terus menunjukkan positif Covid-19 setelah dilakukan berulang kali. Bahkan dia juga kerap membutuhkan oksigen tambahan di rumah selama periode waktu tersebut.

Uniknya meski tes terus menunjukkan hasil positif, tingkat virus di tubuh perempuan itu hampir tidak terdeteksi beberapa bulan setelah infeksi awal. Namun pada Maret 2021, atau hampir satu tahun setelah pertama kali gejala Covid 19 hadir, tingkat virus dalam tubuhnya melonjak.

Setelah dibandingkan, peneliti mendapati genom dari sampel dari infeksi pertama dan terbaru menunjukkan kesamaan sebagai virus yang sama. Para peneliti lantas menyimpulkan bahwa sang pasien tidak terinfeksi ulang tetapi menyimpan virus yang sama selama hampir satu tahun.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...