Bagaimana Mengetahui Kita Terkena Covid-19 atau Hanya Pilek?

Arofatin Maulina Ulfa
7 November 2021, 07:00
Warga melintas di depan tentang mural COVID-19 di Jakarta, Selasa (2/11/2021).
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Warga melintas di depan tentang mural Covid-19 di Jakarta, Selasa (2/11/2021).

Batuk dan demam merupakan gejala umum yang ditemukan pada penderita Covid-19. Sepintas, ini merupakan gejala yang biasa kita rasakan ketika terkena selesma (pilek) atau flu biasa. Lalu, bagaimana cara membedakan apakah kita terkena Covid-19 atau hanya pilek biasa?

Mengutip laman GAVI ‒organisasi internasional yang mendorong akses imunisasi di negara miskin‒ Profesor Epidemiologi Genetik King's College London Tim Spector, melakukan studi terkait gejala Covid-19. Ia memimpin UK’s ZOE COVID Symptom Study yang telah berjalan sejak Maret 2020 dan memiliki 4 juta kontributor harian.

Dia mengatakan, penelitian yang dilakukannya menunjukkan bahwa gejala utama Covid-19 tidak hanya batuk, demam, dan kehilangan atau perubahan indera penciuman. Selain itu, terjadi peningkatan persinggungan antara gejala selesma (common cold) dan Covid-19, terutama di antara mereka yang telah divaksinasi.

"Hampir 50 persen orang yang tes PCR-nya positif tidak menunjukkan gejala klasik padahal sebenarnya mereka bisa menularkan,” ujar Tim dalam tayangan Youtube bertajuk Every Day They Deliberate, More People Are Getting Infected.

Sejak Maret 2021, UK’s ZOE COVID Symptom Study telah melaporkan 21 gejala Covid-19, di antaranya bersin, sakit tenggorokan, suara serak, dan ingusan yang biasanya diasosiasikan sebagai selesma. Meski demikian, hilangnya bau (anosmia) atau kehilangan rasa masih merupakan salah satu indikator paling penting dalam pengujian, apakah terkena Covid-19 atau hanya selesma. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...