Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri Karena Covid-19

Hanna Farah Vania
11 November 2021, 08:05
Cara Membersihkan Rumah Setelah Isolasi Mandiri Karena Covid-19
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/aww.
Ilustrasi. Seorang seniman Kalbar membuat lukisan mural saat mengikuti Festival Mural Bhayangkara di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (30/10/2021).

Virus coronamenular melalui kontak langsung dengan percikan dahak orang yang terinfeksi ketika batuk atau bersin. Virus ini juga dapat menempel di permukaan dan bertahan selama beberapa jam. 

Hal ini perlu diwaspadai ketika anggota keluarga yang terinfeksi Covid-19 melakukan isolasi mandiri atau isoman di rumah. Penting kiranya membersihkan rumah apabila anggota keluarga yang terinfeksi sudah selesai isoman. Dan perlu diingat, setelah negatif Covid-19 jangan langsung keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain. 

Untuk membersihkan secara menyeluruh, pembersihan dan disinfeksi perlu dilakukan secara cermat. Berikut ini panduan membersihkan rumah menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

Pembersihan Kurang dari 24 Jam

  • Ketika pembersihan dilakukan kurang dari 24 jam setelah dinyatakan negatif, lakukan disinfeksi permukaan pada area yang digunakan penyintas seperti kamar mandi dan kamar tidur. 
  • Bukalah pintu dan jendela untuk memastikan perputaran udara berjalan dengan baik saat menggunakan disinfektan. Jika diperlukan, gunakan kipas untuk meningkatkan aliran udara.
  • Ketika selesai melakukan disinfeksi, segera cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik. Hal yang sama juga perlu dilakukan ketika melepaskan sarung tangan. 
  • CDC menyebutkan, jika tangan tidak terlihat kotor namun tidak ada sabun dan air, gunakan hand sanitizer yang mengandung alkohol lebih dari 60 persen. Jika tangan kotor, cucilah dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Antara 24 Jam hingga 3 Hari

Menurut CDC, ketika pembersihan dilakukan antara 24 jam sampai 3 hari, tidak perlu lagi melakukan disinfeksi. Cukup membersihkan permukaan di area yang disentuh atau digunakan oleh pasien Covid-19. 

Setelah 3 Hari

Menurut CDC, pembersihan tambahan di luar pembersihan rutin tidak perlu dilakukan ketika sudah lebih dari tiga hari dinyatakan negatif Covid-19.

Membersihkan Barang-barang

Selain itu, CDC memberikan sejumlah panduan pembersihan dan disinfeksi untuk barang-barang yang ada di rumah. 

Untuk benda yang memiliki permukaan halus seperti karpet dan tirai, bersihkan dengan sabun serta air atau dengan pembersih khusus. Jika memungkinkan, cuci menggunakan air hangat lalu keringkan.

Untuk cucian seperti pakaian dan kain, gunakan juga air hangat dan keringkan. Jika mencuci baju orang yang sakit, gunakan sarung tangan dan masker. Setelah itu, bersihkan keranjang pakaian dan cuci tangan dengan sabun serta air mengalir.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...