Tips Seputar Vaksinasi Covid-19 Anak untuk Orang Tua

Arofatin Maulina Ulfa
11 November 2021, 13:25
Seorang tenaga kesehatan menyuntik vaksin COVID-19 kepada anak saat vaksinasi massa di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Maluku, Senin (4/10/2021).
ANTARA FOTO/FB Anggoro
Seorang tenaga kesehatan menyuntik vaksin COVID-19 kepada anak saat vaksinasi massa di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Maluku, Senin (4/10/2021).

Penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun di Indonesia telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hasil uji klinis yang dilakukan pada 550 anak menunjukkan vaksin Covid-19 ini bisa menginduksi pembentukan antibodi.

Studi Sinovac menyebutkan, hasil uji klinis vaksin fase ke-2 untuk anak usia 3-17 tahun memiliki efektivitas sebesar 98,9 persen. Temuan lainnya pada rentang usia 6-11 tahun menunjukkan, dua dosis suntikan CoronaVac yang diberikan dengan jarak 28 hari tergolong aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh anak. 

Advertisement

Mengutip CNBC, anak-anak usia 5-11 tahun di Amerika Serikat (AS) sudah terlebih dahulu menerima vaksin Pfizer-BioNtech. Setelah mendapatkan otorisasi dari Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) pada 2 November, vaksin tersebut disahkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS. 

Di Indonesia, BPOM tengah menunggu vaksin Corona jenis lain untuk mendaftarkan izin penggunaan darurat. Kepala BPOM Penny K. Lukito mengatakan, saat ini pemerintah tengah menunggu hasil uji klinis Pfizer Inc. dan mendaftarkan produknya.

Dalam rangka menyukseskan program vaksinasi Covid-19 anak-anak, para orang tua hendaknya mempersiapkan diri untuk mendampingi prosesnya. Beberapa hal perlu diperhatikan di antaranya:

Persiapan Sebelum Vaksinasi

Memastikan kondisi kesehatan anak sebelum vaksinasi menjadi langkah awal yang harus dilakukan orang tua. Hal ini berkaitan dengan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) terkait kondisi kesehatan anak yang tidak bisa menerima vaksinasi Covid-19.  Beberapa kondisinya sebagai berikut:

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement