Gambaran Negara-negara yang Melakukan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak

Dini Hariyanti
12 November 2021, 16:35
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menerima dosis kedua vaksin AstraZeneca penyakit virus corona (COVID-19) dari James Black, di Francis Crick Institute di London, Inggris, Kamis (3/6/2021).
ANTARA FOTO/REUTERS/Matt Dunham/Pool /FOC/sa.
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menerima dosis kedua vaksin AstraZeneca penyakit virus corona (COVID-19) dari James Black, di Francis Crick Institute di London, Inggris, Kamis (3/6/2021).

Vaksinasi Covid-19 tidak hanya diberikan kepada orang dewasa. Berbagai negara di dunia ‒termasuk Indonesia‒ memberikan vaksin Covid-19 kepada anak-anak dengan ketentuan yang berbeda-beda. 

Setelah menjalankan program vaksinasi Covid-19 untuk anak remaja berusia 12-17 tahun, kini Indonesia membidik anak usia 6-11 tahun untuk mengikuti program ini. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac, yakni CoronaVac dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma bagi kelompok usia tersebut.

Berdasarkan informasi yang dilansir laman Covid19.go.id, menurut hasil laporan uji klinis, aspek imunogenisitas atau respons imun tubuh yang dihasilkan pada anak mencapai 96,15 persen, lebih tinggi daripada orang dewasa. Selain itu, vaksin Sinovac dinilai aman untuk anak 6 – 11 tahun.

“Saya kira ini berita yang menggembirakan karena kami yakin bahwa vaksinasi anak menjadi sesuatu yang mendesak saat ini, apalagi pembelajaran tatap muka sudah dimulai,” ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito beberapa waktu lalu. 

Ia mengatakan, dengan semakin banyak segmen anak yang bisa divaksinasi Covid-19, kepercayaan diri orang tua untuk mengizinkan anaknya mengikuti sekolah tatap muka bisa meningkat. Adapun terkait pemberian vaksin kepada anak di bawah 6 tahun masih diperlukan evaluasi lanjutan. 

Berbeda negara, berbeda beda pula prosedur dan kebijakan yang ditempuh. Di Amerika Serikat (AS), regulator merekomendasikan satu dosis vaksin Pfizer untuk anak usia 5 – 11 tahun. 

WHO memang melansir bahwa vaksin Pfizer cocok untuk mereka yang berusia 12 tahun ke atas. Tapi, mengutip BBC Indonesia, rupanya terdapat beberapa perbedaan aturan besar dalam vaksinasi Covid-19 untuk anak di berbagai negara, berikut ini gambarannya.

Amerika Serikat

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...