Bolehkah Menggunakan Masker Seharian Saat Berkegiatan?

Hanna Farah Vania
14 November 2021, 08:10
Personil gabungan Polri, TNI dan Satpol PP memberikan masker gratis kepada seorang pedagang saat melakukan pengawasan pusat keramaian di Pasar Aceh, Banda Aceh, Aceh, Kamis (6/5/2021). Polda Aceh mengintensifkan pengawasan menjelang Idul Fitri di sejumlah
ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.
Personil gabungan Polri, TNI dan Satpol PP memberikan masker gratis kepada seorang pedagang saat melakukan pengawasan pusat keramaian di Pasar Aceh, Banda Aceh, Aceh, Kamis (6/5/2021).

Setelah kasus positif Covid-19 menurun sehingga pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dilonggarkan beberapa pekan terakhir, mobilitas masyarakat kembali meningkat. Meski begitu, protokol kesehatan tetap penting untuk diterapkan saat beraktivitas.

Salah satunya terkait penggunaan masker. Di masa pandemi corona, masker memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terpapar virus. Apalagi ketika kita sudah mulai bekerja ke kantor, belajar ke sekolah, atau berkunjung ke tempat-tempat umum.

Advertisement

Namun perlu juga memiliki pemahaman penggunaan masker yang tepat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penggunaan masker sekali pakai yang ideal adalah tidak lebih dari empat hingga lima jam. Untuk masker N95, bisa digunakan selama delapan jam. 

Riset WHO menunjukkan, toleransi penggunaan masker terhadap penyaringan virus dan bakteri setelah empat jam akan berangsur-angsur berkurang. Sebab, orang akan cenderung menyentuh masker dan risiko terkontaminasi lebih besar.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement