Pentingnya Menjaga Kehigienisan Tangan Anak Sekolah saat Pandemi Covid

Hanna Farah Vania
19 November 2021, 07:50
Seorang guru membimbing siswa cara mencuci tangan dengan benar pada simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/6/2021). Pemerintah Kota Bandung menggelar uji coba pembelajaran tatap muka tingkat SD-SMP nege
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Seorang guru membimbing siswa cara mencuci tangan dengan benar pada simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/6/2021).

Kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai dilakukan oleh berbagai sekolah. Namun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mencatat, terdapat 1.299 sekolah yang justru menjadi klaster Covid-19 hingga akhir September lalu.

Untuk menghindari transmisi virus corona yang lebih besar, protokol kesehatan perlu diperketat bagi anak yang bersekolah. Salah satunya dengan sering mencuci tangan. Menurut Kementerian Kesehatan, anak sekolah tanpa sadar sering kali menyentuh permukaan tubuh yang rawan terkontaminasi virus seperti mata, hidung, dan mulut.

Advertisement

Selain itu, virus yang terdapat di telapak tangan memiliki kemungkinan lebih besar berpindah ke benda atau permukaan lain, seperti gagang pintu hingga meja belajar. Hal ini akan membahayakan orang lain yang menyentuh permukaan benda tersebut. 

Di samping permukaan benda, virus dan bakteri juga dapat menyasar ke makanan dan minuman. Jika tidak mencuci tangan, anak akan rentan terserang penyakit.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement