Tips Mengasuh Penyandang Disabilitas Selama Pandemi Covid-19

Arofatin Maulina Ulfa
14 Desember 2021, 12:05
Relawan Karawang Tanggap Peduli mengantar pulang penyandang disabilitas usai menerima suntikan vaksin COVID-19 di Kampung Duren, Klari, Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/9/2021). Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencatat per 22 Agustus 2021 sebanyak 6.000 penya
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/rwa.
Relawan Karawang Tanggap Peduli mengantar pulang penyandang disabilitas usai menerima suntikan vaksin Covid-19 di Kampung Duren, Klari, Karawang, Jawa Barat, Rabu (8/9/2021).

Pada 3 Desember 2021 lalu, dunia memperingati Hari Disabilitas Internasional. Di era pandemi Covid-19, penyandang disabilitas menjadi kelompok rentan yang membutuhkan perhatian khusus. 

Oleh karena itu, masyarakat yang memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas terutama bagi para pengasuh, hendaknya memberikan perlakuan khusus bagi para disabilitas.

Terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan dan dapat menjadi panduan bagi para pengasuh untuk merawat penyandang disabilitas di tengah situasi Covid-19.

1. Terbuka dengan situasi

Ceritakan kondisi pandemi kepada penyandang disabilitas untuk menghindari kepanikan. Sebab, kepanikan yang meluas dapat menimbulkan perasaan cemas, takut, dan emosi negatif lainnya. 

2. Mendidik diri sendiri

Selalu perbaharui informasi dari sumber terpercaya terkait penanganan Covid-19. Hal ini penting untuk memastikan perawatan yang efektif terhadap penyandang disabilitas, serta meminimalisir kelalaian atau ketidaktahuan.

3. Waspada

Kondisi disabilitas tertentu mungkin akan menyulitkan untuk mengidentifikasi atau menyampaikan tanda-tanda gejala Covid-19. Pengasuh harus memastikan gejala Covid-19 pada penyandang disabilitas dan sesegera mungkin melakukan tes.

4. Pentingnya kehadiran pengasuh

Pandemi Covid-19 telah menjadi masa yang sulit bagi semua orang, termasuk penyandang disabilitas. Untuk mencegah perasaan terisolasi dan rasa bosan pada para disabilitas, tetaplah untuk selalu menjadi teman yang selalu ada bagi mereka.

Jika kehadiran fisik tidak memungkinkan, teknologi dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi kehadiran virtual.

5. Tetap menjaga kesehatan mental 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...