Cara Menjaga Kesehatan Mental Ketika Padat Pekerjaan Saat WFH

Hanna Farah Vania
24 Desember 2021, 07:00
Cara Menjaga Kesehatan Mental etika Padat Pekerjaan Saat WFH
instagram/@smindrawati
Menteri Keuangan Sri Mulyani menggunakan aplikasi conference call saat menerapkan kerja dari rumah alias work from home.

Menjelang akhir tahun, tak jarang di antara kita memiliki pekerjaan yang menumpuk. Begitu juga mereka yang bekerja dari rumah atau work from home (WFH) karena terdampak pandemi Covid-19.

Minimnya batasan antara jam kerja dan istirahat hingga beban kerja dapat berujung pada burnout. Menurut badan kesehatan dunia WHO, burnout adalah sindrom yang dikonseptualisasikan sebagai akibat dari stres kerja kronis yang tidak dapat dikelola dengan baik.

Advertisement

Terdapat tiga karakter dari burnout yaitu merasa kelelahan, munculnya perasaan negatif terhadap pekerjaan yang dilakukan, dan berkurangnya efektivitas profesional.  

Berdasarkan pemungutan suara secara online oleh CNNIndonesia.com,  77,3 persen orang mengalami burnout dengan alasan yang beragam. Sebanyak 46,7 persen merasa harus siap siaga 24 jam selama WFH, 38,7 persen menerima banyak limpahan pekerjaan, dan 14,6 persen karena rapat maraton dalam sehari.

Oleh karena itu penting, untuk mengelola stres agar tidak mengganggu kesehatan mental. Melansir dari Huffpost.com, berikut sejumlah cara untuk menjaga kesehatan mental di tengah kesibukan bekerja.

1. Makan dengan Fokus dan Penuh Perhatian

Meski sibuk bekerja, makan dengan teratur tetap perlu diperhatikan. Sebaiknya kegiatan makan jangan dilakukan sambil bekerja. Cobalah untuk fokus dengan teknik mindful eating atau memberikan perhatian penuh pada makanan yang ada.

“Dengan mindful eating, akan muncul keadaan tenang dan kebahagiaan dalam diri karena menyadari bahwa kebutuhan makan sudah terpenuhi saat itu,” kata Pekerja Sosial Berlisensi di Berman Psychotherapy, Amerika Serikat, Amira Johnson.

Selain menghindari bermain gawai atau mengerjakan hal lain saat makan, cara fokus pada makanan adalah dengan menggigit makanan sepenuhnya lalu menikmati aroma serta tekstur yang disajikan makanan. 

Secara ideal, mindful eating baik dilakukan setiap waktu makan. Namun, jika tidak sempat, dapat dilakukan di satu waktu makan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement