Mengapa Makin Penting Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19?

Arofatin Maulina Ulfa
26 Desember 2021, 11:00
Mengapa Makin Penting Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi Covid-19?
pexels.com/jonathanborba
Perempuan sedang melakukan olahraga sit up

Pemerintah terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi virus corona. Apalagi telah muncul varian baru Omicron yang dikhawatirkan meningkatkan penyebaran kasus Covid-19 di Indonesia.

Vaksinasi dapat membantu tubuh kita membentuk perlindungan terhadap virus corona. Ini sekaligus cara untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Namun proses pembentukan sistem kekebalan atau imun tubuh tidak serta-merta terjadi begitu saja setelah vaksinasi.

Advertisement

Oleh karena itu, penting kiranya menjaga sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Sebab, hal tersebut memiliki peran besar sebagai perlindungan dari bakteri, virus, parasit, atau jamur penyebab penyakit. 

Mengutip Alodokter, terdapat beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Olahraga Teratur

Luangkan waktu selama 30 menit setiap hari atau minimal 3–5 kali seminggu untuk berolahraga. Aktivitas ini diketahui dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. 

Pilihlah olahraga yang mudah dilakukan selama masa pandemi seperti berjalan kaki, jogging, atau bersepeda di sekitar rumah. Jika ingin menghindari kerumunan, lakukan olahraga di dalam rumah seperti dengan aerobik, yoga, atau stretching.

2. Jaga Asupan Gizi

Makanan bergizi seimbang penting untuk menjaga imunitas tubuh tetap kuat. Beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh seperti makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement