Sambut KTT Asean 2023, ITDC Terima Kunjungan Presiden di Golo Mori

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
14 Maret 2023, 19:42
Presiden Joko Widodo Kunjungi ITDC di Golo Mori
Dok ITDC

Dalam rangka menyambut penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN 2023, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menerima kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Kawasan Golo Mori, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (14/03).

Kunjungan kerja Presiden untuk meninjau kesiapan kawasan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) yang tengah dibangun ITDC. Kawasan ini akan menjadi venue untuk retreat session KTT ASEAN atau ASEAN SUMMIT ke-42 di Labuan Bajo pada Mei 2023 mendatang.

Advertisement

Dalam kunjungannya, Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama, dan Sekjen Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan.

Selain itu ada Gubernur NTT Viktor Laiskodat, Konseptor Acara KTT ASEAN 2023 Wishnutama Kusubandio, Direktur Utama ITDC Ari Respati dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden ingin memastikan kesiapan penyelenggaraan ASEAN SUMMIT yang akan berlangsung pada Mei 2023 mendatang. “Saya melihat beberapa venue sudah siap. Kita juga akan mempromosikan Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP),” katanya.

Selama kunjungan di Golo Mori, Presiden mendapatkan pemaparan mengenai progres pembangunan MICE beserta fasilitas pendukungnya, dan merasa puas dengan progres yang dicapai.

Direktur Utama ITDC Ari Respati mengatakan, kunjungan ini menunjukkan dukungan dan atensi yang besar dari pemerintah bagi perjalanan ITDC selama hampir 12 bulan mengerjakan sebuah perhelatan besar. 

Halaman:

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement