Mendorong Industrialisasi Kopi Nasional

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
7 Mei 2023, 19:14
Industrialisasi pangan, khususnya soal penguatan ekosistem kopi nasional, memang perlu digalakkan. Ini terkait erat dengan kontribusi konsumsi domestik terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.
BRI
Industrialisasi pangan, khususnya soal penguatan ekosistem kopi nasional, memang perlu digalakkan. Ini terkait erat dengan kontribusi konsumsi domestik terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

BRI & Pegadaian Indonesia Coffee Festival (ICF) yang berlangsung pada 5 - 7 Mei 2023 di Jakarta menghadirkan berbagai kebutuhan individual maupun bisnis terkait kopi. Selain berkolaborasi dengan ratusan merek, kegiatan ini juga menghadirkan beragam acara yang dapat memperkuat jaringan bisnis.

ACara tersebut tak hanya mengadakan kejuaraan barista, kejuaraan brewer, dan cup tasters. Ada pula program lain, seperti speed-dating dengan investor, best booth award, people’s choice menu, sajian kopi terbaik Indonesia, dan lain-lain.

Advertisement

BRI & Pegadaian ICF 2023 dihadiri Menteri BUMN Erick Thohir. Ia sempat mengutarakan, upaya mendukung ekosistem industri kopi tak terlepas dari visi industrialisasi pangan yang dicanangkan pemerintah. Hal ini merupakan salah satu upaya mempertahankan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan.

Erick mengatakan, selain industrialisasi pangan, upaya menopang pertumbuhan ekonomi lainnya melalui hilirisasi sumber daya alam dan penguatan ekonomi kreatif. Terkait industrialisasi pangan, khususnya soal penguatan ekosistem kopi nasional, memang perlu digalakkan. Ini terkait erat dengan kontribusi konsumsi domestik terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

“Harus ada industrialisasi, yang mana seluruh stakeholders bekerja sama sehingga kualitasnya bagus. Sehingga ada nilai tambah. Itu bisa lakukan dengan hilirisasi dan domestic consumption. Jadi saya mendukung ekosistem kopi ini,” katanya.

Solusi ekosistem kopi nasional, imbuhnya, ialah melalui penguatan industri kopi secara langsung dari hulu hingga hilir oleh BUMN. Guna mengembangkan industri kopi Indonesia salah satunya melalui skema Program Makmur Kopi yang dilakukan oleh semua pelaku ekosistem Kopi Indonesia di PMO Kopi Nusantara dengan BRI sebagai salah satu stakeholders utama.

“Saya di BUMN mengajak teman-teman untuk menjadi solusi. Terciptalah ini, supaya terintegrasi semua stakeholders,” imbuh Erick.

Di dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan, Indonesia merupakan negara terbesar keempat di dunia penghasil kopi. Indonesia menyumbang 6,6 persen produksi kopi dunia, ini berada di bawah Brasil, Vietnam, dan Kolombia.

Mantan Dirut Pegadaian, yang berhasil menginisiasi The Gade Coffee Shop dan Gade Emas, tersebut menyebutkan pula bahwa sektor hulu bisnis kopi akan terus tumbuh dan berkembang, baik di pasar domestik maupun secara global. Kemudian di sektor hilir revenue kopi global diproyeksikan akan terus meningkat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement