eFishery Rintis Program Super Ekosistem bagi Pembudidaya Ikan di Garut

Kota Garut dinilai punya potensi pertumbuhan sektor akuakultur yang sangat besar.
Image title
Oleh Riri
14 Desember 2022, 15:17
Pembudidaya ikan memeriksa saluran gelembung ikan saat peresmian program Kampung Super Ekosistem eFishery (KASeF) di Desa Jati, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (13/12/2022). PT PLN (Persero) mewujudkan elektrifikasi akuakultur melalui penyediaan tenag
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/tom.
Pembudidaya ikan memeriksa saluran gelembung ikan saat peresmian program Kampung Super Ekosistem eFishery (KASeF) di Desa Jati, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (13/12/2022). PT PLN (Persero) mewujudkan elektrifikasi akuakultur melalui penyediaan tenaga listrik untuk mesin pemberi pakan otis kepada kelompok budi daya ikan yang digagas oleh eFishery dengan menyediakan teknologi yang terjangkau bagi para pembudidaya melalui teknologi eFeeder eFishery sehingga dapat mengurangi biaya produksi.

Startup aquatech eFishery memantapkan langkah untuk mulai merintis program Kampung Super Ekosistem eFishery (KASeF) di kota Garut, Jawa Barat. Dalam menjalankan program ini, eFishery menggandeng tiga mitra kolaborasi baru, yakni PT PLN (Persero), ICON+, dan Dinas Perikanan setempat.

KASeF diinisiasi sejak awal Desember ini menyusul kesuksesan eFishery melakukan uji coba Mitra Produksi Ikan di Ciamis, Tasik, dan Kuningan pada Agustus 2022. Inisiatif ini merupakan perwujudan misi perusahaan untuk menyediakan teknologi terjangkau bagi para pembudidaya melalui eFeeder eFishery.

PLN akan berkontribusi dalam penyediaan tenaga listrik pada mesin pemberi pakan otomatis eFeeder di kolam Mitra Produksi Ikan, sedangkan ICON+ akan mendukung pemasangan jaringan internet. Adapun, Dinas Perikanan akan memberikan kolam bagi satu kelompok tani.

Lebih lanjut, program KASeF akan mensinergikan tiga pihak, yaitu Mitra Produksi Ikan (MPI), Mitra Produksi Pakan (MPP), dan Mitra Produksi Benih (MPB) agar dapat mendapatkan hasil produksi yang maksimal dengan biaya produksi efisien. Dengan demikian, proses pembesaran ikan dari hulu ke hilir dapat berjalan dengan maksimal.

Advertisement

Co-Founder dan Chief of Product Officer eFishery Chrisna Aditya mengatakan saat ini sebanyak 14 petani dengan 33 kolam MPI di Garut telah masuk ke dalam program KASeF di mana telah terhubung dengan MPP dan MPB untuk membentuk satu ekosistem. 

“Pada kuartal pertama 2023, kami menargetkan 400 kolam di area Priangan Timur untuk masuk dalam KASeF. Secara total sampai akhir 2023, kami menargetkan 2000 kolam di pulau Jawa dapat lolos kurasi dan menikmati manfaat KASeF,” tambahnya.

Bagi Mitra Produksi Benih dan Mitra Produksi Pakan, selain mendapatkan kepastian mitra pemasaran benih dan pakan dari hulu ke hilir, mereka mendapatkan pendampingan terkait cara menghasilkan benih ikan yang baik dan formulasi pakan yang tepat untuk produksi ikan yang berkualitas.

Manager PLN UP3 Garut Nurhidayanto Nugroho mengungkapkan, PLN memiliki program electrifying agriculture dan marine

“Seperti di sini, listrik digunakan untuk mengoperasikan mesin pemberi pakan otomatis eFeeder dari eFishery di kolam-kolam ikan, besar harapan kami bisa turut serta mendukung terwujudnya desa wisata Jati berbasis budidaya ikan dan sentra kuliner ikan,” katanya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait