Midtrans: Pembayaran Digital Diminati Saat Belanja Online Akhir Tahun
Kehadiran festival belanja online di berbagai platform e-commerce jelang akhir tahun mendorong minat belanja online masyarakat Indonesia. Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan ini terjadi di platform Midtrans, terutama pada momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).
Pada 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.
Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial Dea Deviana mengatakan, “antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan.”
Berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans:
1. Transaksi Online Meningkat pada Momen Gajian
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.
2. Metode Pembayaran Digital Menjadi Favorit