Midtrans: Pembayaran Digital Diminati Saat Belanja Online Akhir Tahun

GoPay, kartu kredit, dan transfer bank menjadi tiga metode pembayaran digital favorit di merchant Midtrans.
Image title
Oleh Riri
16 Desember 2022, 07:28
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Bogor, Jawa Barat, Senin (26/4/2021). Kementerian Koperasi dan UKM mencatat terjadi peningkatan belanja online sebesar 26 persen atau mencapai 3,1 juta tr
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Bogor, Jawa Barat, Senin (26/4/2021). Kementerian Koperasi dan UKM mencatat terjadi peningkatan belanja online sebesar 26 persen atau mencapai 3,1 juta transaksi selama pandemi COVID-19. Hal itu sejalan dengan berubahnya pola perilaku masyarakat yang gemar belanja online dalam memenuhi kebutuhannya.

Kehadiran festival belanja online di berbagai platform e-commerce jelang akhir tahun mendorong minat belanja online masyarakat Indonesia. Midtrans, penyedia layanan payment gateway dari GoTo Financial, mencatat tren peningkatan ini terjadi di platform Midtrans, terutama pada momentum Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Pada 2022, transaksi online Midtrans tercatat meningkat hingga 3 kali lipat pada tanggal promosi khusus, seperti Harbolnas. Ini terlihat dari aktivitas belanja di berbagai merchant Midtrans yang menggunakan platform digital, mulai dari marketplace besar hingga UMKM yang berjualan lewat website.

Head of Merchant Payment Strategy GoTo Financial Dea Deviana mengatakan, “antusiasme konsumen memilih transaksi di platform digital dapat diselaraskan dengan memberikan pengalaman belanja yang baik sehingga merchant dapat terus menjadi pilihan pelanggan.”

Berikut tren transaksi digital lainnya yang tercatat oleh Midtrans:

Advertisement

1. Transaksi Online Meningkat pada Momen Gajian

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2021, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan Rp1,26 juta per bulan untuk konsumsi. Selain itu, momen gajian juga berkontribusi dalam kenaikan transaksi belanja online di platform digital. Pembayaran online yang dilakukan di hari gajian dan diproses oleh payment gateway Midtrans lebih tinggi 1,2 kali lipat dibandingkan hari-hari lainnya.

2. Metode Pembayaran Digital Menjadi Favorit

Tiga metode pembayaran yang jadi favorit untuk berbelanja di merchant Midtrans adalah GoPay, kartu kredit, dan transfer bank. Metode pembayaran dengan Quick Responses Indonesian Standard (QRIS) melalui GoPay banyak disukai oleh konsumen dan merchant karena kemudahan dan tingkat keberhasilan penerimaan (acceptance rate) yang tinggi.

Dea mengatakan, teknologi Midtrans memungkinkan jutaan transaksi dapat diproses dalam hitungan detik, dengan tingkat uptime atau waktu aktif server hingga 99,99%. Ini merupakan standar optimal dalam industri payment gateway.

3. Kemudahan Checkout dan Konversi Penjualan Merchant

Dalam lima tahun terakhir, Dea mengatakan Midtrans telah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembayaran online hingga 70% berkat inovasi fitur halaman pembayaran (checkout).

Payment gateway atau gerbang pembayaran merupakan layanan elektronik yang menghubungkan penyedia layanan pembayaran seperti bank dengan merchant atau pelaku usaha. 

“Data dan tren ini menunjukkan peran payment gateway sebagai tulang punggung di balik pertumbuhan industri digital melalui layanan pembayaran yang diandalkan untuk kebutuhan pelaku usaha Indonesia,” tutup Dea.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait