Erick Thohir Tajamkan Bakti BUMN Agar Bermanfaat Buat Rakyat

Program Bakti BUMN akan difokuskan pada bidang pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM.
Anshar Dwi Wibowo
19 Desember 2022, 12:17
Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kiri) turut berswafoto dengan para peserta saat berkunjung ke Pondok Pesantren Qomaruddin, Gresik, Jawa Timur, Jumat (10/6/2022). Kunjungannya tersebut dalam rangka kolaborasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/zk/nym.
Menteri BUMN Erick Thohir (ketiga kiri) turut berswafoto dengan para peserta saat berkunjung ke Pondok Pesantren Qomaruddin, Gresik, Jawa Timur, Jumat (10/6/2022). Kunjungannya tersebut dalam rangka kolaborasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan Program Bisnis Terapan (vokasi) Pondok Pesantren berupa pelatihan tata boga, tata rias, manajemen bisnis, teknologi dan informasi guna meningkatkan sumber daya manusia di pondok pesantren.

Sepanjang tahun 2022, Kementerian BUMN telah menajamkan program Bakti BUMN atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dengan berfokus pada tiga bidang, yaitu pendidikan, lingkungan, dan pengembangan Usaha Mikro dan Kecil (UMK). 

Transformasi di bidang itu dilakukan dengan tujuan optimalisasi dampak program, tata kelola, teknologi, peningkatan kolaborasi, dan juga peningkatan keterlibatan karyawan. 

“Program TJSL ini harus dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan BUMN, selain soal keberlanjutan juga penting”, ujar Menteri BUMN Erick Thohir melalui keterangan tertulis, Senin (19/12). 

Seluruh program TJSL ini, kata Erick, akan difokuskan pada bidang pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM. Tujuannya agar dapat memberikan manfaat dalam jangka panjang bagi rakyat Indonesia.

Advertisement

Program TJSL BUMN atau juga dikenal dengan Bakti BUMN bertujuan mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). TPB ini terbagi dalam 4 Pilar Pembangunan, yaitu Pilar Pembangunan Sosial, Pilar Pembangunan Ekonomi, Pilar Pembangunan Lingkungan, dan Pilar Pembangunan Hukum dan Tata Kelola.

“Jika pada krisis sebelumnya, UMKM hadir menyelamatkan ekonomi kita, sekarang waktunya kita bersama-sama menyelamatkan UMKM dari keterpurukan,” ujar Erick. 

Menurutnya, bisnis rakyat itu perlu mendapat akses, perhatian, dan pendampingan ke perbankan. Oleh karenanya UMKM perlu didorong untuk naik kelas. Kalau BUMN-nya sehat dan UMKM-nya berkualitas maka misi Indonesia untuk menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar dapat tercapai.

Dalam Media Briefing Peran BUMN Untuk Indonesia di Jakarta, akhir pekan lalu, Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN Edi Eko Cahyono menyampaikan berbagai program yang telah dijalankan oleh BUMN beserta manfaatnya.

Bidang Pendidikan

Menurut Edi, ada tiga program utama di bidang pendidikan. Pertama, beasiswa berupa bantuan dana pendidikan kepada siswa/i berprestasi atau yang membutuhkan. Program itu menyentuh 7.700 siswa yang tersebar di berbagai Kawasan, termasuk Jayapura, Nias, Selayar, Binjai. 

Kedua, Bantuan Penunjang Pendidikan berupa penyediaan alat TIK sebanyak 1.328 set kepada berbagai instansi pendidikan yang tersebar antara lain di wilayah Banten, Surakarta, Biak, Kupang, Ambon. 

Ketiga, Bantuan Pendanaan Biaya Sertifikasi bagi guru, yang telah diterima oleh 3.810 guru antara lain di Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Lampung, Maluku, hingga Nusa Tenggara Timur.

“Kami mendukung kesejahteraan para guru melalui sertifikasi yang dapat mendorong profesionalisme guru. Pendidikan yang berkualitas dan tentu pada akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan guru,” ujar Edi Eko.

Bidang Lingkungan

Pada bidang lingkungan terdapat 3 program utama. Pertama, Penanaman Pohon di seluruh Indonesia di mana sudah sebanyak 4,6 juta pohon yang ditanam. Program lingkungan lain adalah Pengelolaan Sampah Terintegrasi terutama di 5 wilayah DPSP serta Penyediaan Sarana Air Bersih di daerah tertinggal yang sudah mencapai 102 titik lokasi. 

Program tersebut adalah bentuk kepedulian BUMN terhadap keberlanjutan iklim yang bersih, pengembangan tingkat kesehatan masyarakat, dan peluang peningkatan nilai ekonomis dari pengolahan sampah.

Salah satu program TJSL terkait pengolahan sampah yang telah berjalan berkelanjutan adalah Bank Sampah PT Pegadaian dengan Program “Memilah Sampah Menabung Emas”. 

Melalui program ini, peserta akan ‘menabung’  sampah yang nantinya dapat ditukarkan menjadi tabungan emas. Langkah tersebut dapat mengurangi jumlah sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan mencegah terjadinya penumpukan sampah di TPA.

Saat ini, PT Pegadaian memiliki 72 bank sampah yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia, dan mengelola lebih dari 300 ton sampah terpilah tiap bulannya yang dikonversi menjadi emas. 

Program pengolahan sampah ini didasari dengan adanya isu lingkungan terkait sampah yang diselaraskan dengan bisnis perusahaan. Penyelarasan tersebut membentuk adanya creating share value yang menciptakan nilai tambah, baik bagi masyarakat maupun perusahaan.

Bidang Pengembangan UMK

Untuk Bidang Pengembangan UMK, terdapat dua program utama yakni bantuan pendanaan biaya sertifikasi halal bagi 1.230 UMK dan migrasi digital marketing kepada 3.622 UMK. 

Program pengembangan UMK ini adalah bentuk kepedulian BUMN dalam meningkatkan daya jual produk UMK, menciptakan pangsa pasar UMK yang lebih luas, dan menyesuaikan dengan kebutuhan zaman.

BUMN terus berkomitmen untuk turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi, dan masyarakat. Hal ini sejalan dengan salah satu inovasi model bisnis BUMN yaitu penguatan core business dengan membangun ekosistem. Caranya adalah dengan membuka akses permodalan melalui layanan inklusi keuangan dan permodalan seperti pendanaan UMK.

Di samping itu, kontribusi TJSL BUMN dalam bidang pengembangan UMK diharapkan dapat mendorong tumbuhnya wirausaha/UMK baru sebagai sektor usaha yang menopang pertumbuhan ekonomi. Ini perlu sebagai upaya preventif dalam memitigasi isu resesi dan PHK yang diperkirakan dapat terjadi kapan pun.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait