Pertamina NRE-Huawei Bangun Pusat Inovasi PLTS Pertama di Indonesia

Kerja sama Pertamina NRE dan Huawei sebagai langkah mendorong pengembangan energi baru dan terbarukan.
Image title
Oleh Riri
30 Desember 2022, 11:25
Pertamina NRE Jalin Kerja Sama dengan Huawei
Dok Pertamina

Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) dan Huawei melakukan kick-off Joint Innovation Center (JIC) untuk PLTS yang pertama di Indonesia pada Senin (19/12). Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pertamina NRE untuk aktif dalam pengembangan energi baru dan terbarukan di Indonesia.

Kick off ini diresmikan lewat penandatanganan nota kesepahaman oleh CEO Pertamina NRE Dannif Danusaputro dan CEO Huawei Indonesia Liu Changseng. Sebelumnya, kedua pihak telah menandatangani nota kesepahaman pada 1 September 2022.

“Kami menghadapi sejumlah tantangan dalam mengembangkan PLTS, antara lain harus kompetitif dari segi harga, tetapi tetap memiliki keekonomian yang menarik di saat yang sama. Tantangan lain adalah harus mengelola operasional seefisien mungkin,” ujar Direktur Proyek & Operasi Pertamina NRE Norman Ginting dalam sambutannya.

Pada kesempatan sama, Liu menyampaikan, “JIC antara Pertamina NRE dan Huawei diharapkan mampu menjadi wadah peningkatan pengetahuan dan sarana dalam mempromosikan bisnis energi masa depan serta menjadi bukti nyata bagi pihak lain tentang Best Practice of PV SYSTEM itu sendiri.”

Advertisement

Pertamina NRE aktif mengembangkan energi terbarukan, salah satunya PLTS. Dari segi harga, PLTS di Indonesia perlu lebih kompetitif. Program JIC ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing, efisiensi, standar keamanan, serta keselamatan di perusahaan.

Kerja sama ini bersifat non-binding dan non-exclusive dengan berfokus pada tiga hal. Pertama, pengembangan kapabilitas oleh ahli di bidangnya terkait aspek operasi dan pemeliharaan Solar PV. 

Kedua, mengembangkan inovasi dalam aspek engineering dan operasional aset PLTS sehingga mampu mengoptimalkan kinerja operasional dan meningkatkan efisiensi operasional. 

Ketiga, mengembangkan dan menetapkan standar teknologi untuk meningkatkan safety quality dalam pengoperasian dan pengelolaan PLTS.

Sebagai salah satu global technology solution company di sektor PLTS, Huawei berkomitmen untuk menghasilkan produk berteknologi canggih dalam sektor kelistrikan ramah lingkungan. 

Huawei akan mengintegrasikan teknologi digital dan energi terbarukan, serta menyediakan produk dan solusi dalam ramah energi listrik terbarukan, transportasi berbasis listrik, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang lebih hijau, dan energi berbasis teknologi secara terintegrasi lewat anak usahanya Huawei Digital Power.

Selain PLTS, Pertamina NRE juga mengembangkan panas bumi yang dikelola oleh anak usahanya, Pertamina Geothermal Energy (PGE), energi biogas, nature-based solutions (NBS), baterai untuk EV dan storage system, serta bisnis karbon.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait