Program Magenta BUMN dan Upaya Erick Thohir Meningkatkan Kualitas SDM

Menurut Menteri BUMN Erick Thohir situasi perekonomian di Indonesia masih memiliki prospek baik dan potensi untuk memberdayakan generasi muda.
Muhammad Taufik
18 Januari 2023, 12:08
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) berpidato didampingi Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kanan) dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Freeport Indonesia asal Papua Claus Wamafma (kiri) dalam acara inaugurasi Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Papua da
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah) berpidato didampingi Dirut Pertamina Nicke Widyawati (kanan) dan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Freeport Indonesia asal Papua Claus Wamafma (kiri) dalam acara inaugurasi Program Perekrutan Bersama (PPB) BUMN Papua dan Papua Barat di Jakarta, Sabtu (22/2/2020).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginginkan generasi muda Tanah Air mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan pembangunan di waktu mendatang. 

Oleh sebab itu, Kementerian BUMN meluncurkan program Magang Generasi Bertalenta (Magenta), dengan harapan menjadi sarana penempaan mahasiswa maupun fresh graduate sebelum memasuki dunia kerja. 

Program Magenta merupakan program kolaborasi antara Kementerian BUMN, BUMN, dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Visi program ini yaitu mendorong kesesuaian antara kebutuhan industri dan dunia pendidikan, sehingga menciptakan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di industri, termasuk BUMN.

”Program Magang Generasi Bertalenta (Magenta) merupakan upaya dari kementerian untuk membuka ruang seluas-luasnya bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan pembangunan ke depan,” ujar Erick dilansir dari Instagram @KementerianBUMN, Senin (16/1). 

Advertisement

Dalam program ini, Erick berharap peserta dapat mengaktualisasikan ilmu dari bangku kuliah ke dunia kerja. Di samping itu, Erick juga mengharapkan para peserta dapat menyerap ilmu sebaik mungkin selama mengikuti program Magenta. 

”Harapannya peserta dapat terlibat dan merasakan langsung budaya kerja AKHLAK yang profesional di BUMN,” ujar Erick. 

Terkait hal tersebut, sebelumnya Erick sempat membahas soal urgensi peningkatan kualitas SDM di Indonesia. Menurutnya, situasi perekonomian di Indonesia masih memiliki prospek baik dan potensi untuk memberdayakan generasi muda. 

”Hal ini tinggal bagaimana generasi muda mengisinya, karena sudah eranya bagaimana bergerak memastikan ekonomi terus semakin maju dan terjaga,” ujar Erick di Seminar Nasional bertajuk “Intelektualitas dan Integritas Generasi Muda: Investasi Masa Depan Kepemimpinan Nasional” di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH), Lippo Village, Tangerang, Selasa (29/11/2022).

Terkait keunggulan SDM Indonesia, Erick menyatakan bahwa generasi muda perlu menyadari bahwa  kebutuhan SDM di industri hari ini bukan hanya tentang keterampilan yang dimiliki, melainkan juga soal kepemimpinan. 

Bagi Erick, apapun persoalannya, akan bisa diatasi bersama jika kualitas SDM mudah beradaptasi dan memiliki sikap kepemimpinan atau leadership

"Kita tidak lagi mengandalkan sumber daya alam dan pasar saja, perlu ada pengembangan sumber daya manusia (SDM)-nya menjadi sebuah keunggulan dengan menciptakan leadership atau kepemimpinan yang berintegritas dan lainnya," katanya.

Proses pendaftaran Magenta dibuka sejak 16-22 Januari 2023. Informasi terkait dengan pendaftaran bisa diakses melalui laman https://magenta.fhcibumn.com. Sedangkan proses seleksi dan pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada 23-27 Januari 2023.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait