Bukan Promo, Ini yang Mendorong Transaksi GoFood Moncer

Pencapaian positif GoFood di tahun 2022 disokong peningkatan proporsi pelanggan setia alias pelanggan yang pesanannya di atas nilai transaksi rata-rata pelanggan lainnya.
Anshar Dwi Wibowo
19 Januari 2023, 19:28
Mitra GoFood Gojek
Gojek
Mitra GoFood Gojek

Riset terbaru Momentum Works menunjukkan bahwa pertumbuhan transaksi pesan-antar makanan di Asia Tenggara pada 2022 tumbuh sebesar 5%. Capaian tersebut jauh lebih rendah dari pertumbuhan tahun sebelumnya sebesar 30% akibat pelonggaran pembatasan mobilitas pandemi Covid-19. 

Meski demikian, kinerja online food delivery (OFD) Gojek, bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk terlihat moncer. Nilai transaksi GoFood berhasil tumbuh lebih dari dua kali lipat lebih tinggi dari rata-rata industri pesan-antar makanan di Asia Tenggara tahun 2022. 

Pencapaian positif GoFood di tahun 2022 disokong  peningkatan proporsi pelanggan setia alias pelanggan yang pesanannya di atas nilai transaksi rata-rata pelanggan lainnya. Di Indonesia, pelanggan setia GoFood naik menjadi 52% dari total jumlah pelanggan GoFood tahun 2021. Sedangkan bisnis GoFood di Vietnam pada 2022 meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding tahun 2021.

Director sekaligus Head of Food and Indonesia Sales & Ops PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, setiap inovasi di GoFood berfokus untuk mengembangkan solusi produk agar pelanggan semakin setia. Sebab, lanjutnya, pelanggan memiliki keinginan dan perilaku konsumsi makanan yang berbeda-beda. 

“Dengan berbekal pengalaman kami selama delapan tahun menjadi ahli di pasar OFD, kami menganalisis dan memanfaatkan data untuk memetakan kebutuhan setiap pelanggan atau personalisasi agar dapat menghadirkan pilihan yang tepat supaya konsumen semakin loyal terhadap layanan kami,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/1).

Menurutnya, GoFood juga mampu mengembangkan solusi bagi mitra usaha kuliner agar dapat menargetkan bisnis mereka ke segmen pelanggan yang sesuai dengan lebih efektif.

“Secara bersamaan, kami juga membantu mitra usaha kuliner GoFood meningkatkan keahlian mengelola bisnis secara berkelanjutan agar basis pelanggan setia di GoFood dapat tumbuh dan mendukung bisnis yang sehat tanpa ketergantungan pada promosi,” kata Catherine.

Ada tiga strategi utama yang diambil GoFood menuju pertumbuhan yang sehat untuk mempercepat profitabilitas. Strategi pertama ialah dengan memperkuat brand GoFood sebagai layanan pesan-antar makanan daring yang memberikan pengalaman kuliner paling menyenangkan dengan rekomendasi tepat berbasis teknologi pencarian. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...