Revitalisasi Pura Mangkunegaran, Erick Dukung Wisata Solo

PT PLN (Persero) telah menjadikan Istana Pura Mangkunegaran, Surakarta sebagai cagar budaya pertama yang memakai Renewable Energy Certificate (REC).
Image title
21 Januari 2023, 19:22
Pekerja menyelesaikan berbagai persiapan untuk acara resepsi ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/12/2022). Resepsi pernikahan Kaesang Pangarep
ANTARA FOTO/Maulana Surya/tom.
Pekerja menyelesaikan berbagai persiapan untuk acara resepsi ngunduh mantu pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Rabu (7/12/2022). Resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan diselenggarakan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara peresmian Taman Pracima atau Pracima Tuin di dalam komplek Pura Mangkunegaran. Revitalisasi Taman Pracima tersebut merupakan wujud dukungan BUMN dalam memelihara dan mencintai kekayaan budaya lokal, menggiatkan perekonomian rakyat, dan memperkuat kunjungan wisata di dalam negeri.

"Ini menjadi bagian dari upaya mengembalikan Solo sebagai kota wisata yang bisa berkelanjutan," ujar Erick Thohir saat memberikan kata sambutan di hadapan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegoro X Bhre Cakra Hutomo Wira Sudjiwo dan Walikota Solo Gibran Gibran Rakabuming, Sabtu (21/1), dalam keterangan tertulis.

Menurut Erick, kepemimpinan KGPAA Mangkunegara X saat ini bisa menjadi bagian dari membangun sejarah dan budaya Jawa. "Membangun sejarah dan budaya Jawa yang selama ini kadang - kadang terlupakan sejalan dengan perubahan zaman yang terjadi," katanya.

Erick juga mengucapkan terimakasih kepada para pimpinan BUMN yang sudah terlibat dalam proses revitalisasi Pura Mangkunegaran. “Kita bisa membangun sebuah sejarah yang telah berlangsung sekian lama. Yang tadinya tidak dapat dinikmati, hari ini, bisa dinikmati bersama," ujarnya.

Advertisement

Sebelum merevitasalisasi Taman Pracima, Erick juga telah memimpin upaya menghidupkan kembali Lokomotif Mak Itam di Sumatera Barat, membangun dan rebranding Sarinah, hingga mulai merevitalisasi Kawasan Sanur di Bali.  

Hasil dari Sinergi

Geliat mempercantik Taman Pracima mulai dilakukan sejak tahun 2022. Dalam sebuah peninjauan, November 2022, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming bersama KGPAA Mangkunegara X menunjukkan bahwa revitalisasi ini dapat berjalan atas kerja sama Kementerian Badan Usaha Milik Negara serta Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. 

Taman Pracima beserta bangunan-bangunan di dalamnya, di antaranya Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik, direncanakan menjadi wadah pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM); serta kuliner khas Mangkunegaran.

Walikota Surakarta berharap melalui revitalisasi ini area Pura Mangkunegaran dapat menjadi salah satu destinasi dan ruang publik yang baru di Kota Solo. Sekaligus sebagai ruang terbuka hijau dalam meningkatkan paru-paru kota dan memperluas area resapan air tanah.

Energi Terbarukan

Sebelumnya, PT PLN (Persero) telah menjadikan Istana Pura Mangkunegaran, Surakarta sebagai cagar budaya pertama yang memakai Renewable Energy Certificate (REC). 

Dalam keterangan tertulis PLN disebutkan, KGPAA Mangkunegara X menjelaskan langkah Istana Pura Mangkunegaran memakai REC milik PLN sebagai bentuk komitmen Istana dalam mendorong masifnya penggunaan energi bersih. 

Sebagai pusat kebudayaan, Pura Mangkunegaran akan menanamkan pesan-pesan penggunaan energi bersih berdampingan dengan pesan pelestarian kebudayaan sehingga masyarakat lebih perhatian terhadap isu lingkungan.

“Kami berharap semakin banyak pihak, khususnya kalangan anak muda yang peduli dan mendukung gerakan penggunaan energi hijau. Dan mereka dapat menularkan semangat ini kepada generasi muda lainnya,” ujar KGPAA Mangkunegara X.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis yang sama, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan siap mendukung langkah Istana Pura Mangkunegaran untuk menggunakan energi bersih melalui REC. Sebagai dukungan itu, PLN menyerahkan 20 unit REC atau setara dengan 20 MWh listrik bersih.

REC merupakan salah satu inovasi produk hijau PLN untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pengakuan atas penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) yang transparan, akuntabel dan diakui secara internasional serta tanpa harus mengeluarkan biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait