Upaya-upaya Erick Thohir Dorong BUMN Kembangkan Pariwisata Nasional

Terbaru, BUMN turut berperan dalam revitalisasi Taman Pracima atau Pracima Tuin di dalam komplek Pura Mangkunegaran.
Image title
24 Januari 2023, 11:05
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan paparan saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur di Bali, Senin (16/1/2023). KEK Sanur tengah ditransformasikan Kementerian BUMN untuk menjadi destinasi wisata komprehensif yang menonjolka
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.
Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan paparan saat meninjau progres pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur di Bali, Senin (16/1/2023). KEK Sanur tengah ditransformasikan Kementerian BUMN untuk menjadi destinasi wisata komprehensif yang menonjolkan wisata kesehatan dan pariwisata.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam beberapa waktu belakangan giat mendorong BUMN untuk berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata nasional. Terbaru, BUMN turut berperan dalam revitalisasi Taman Pracima atau Pracima Tuin di dalam komplek Pura Mangkunegaran. 

Revitalisasi Taman Pracima tersebut merupakan wujud dukungan BUMN dalam memelihara dan mencintai kekayaan budaya lokal, menggiatkan perekonomian rakyat, dan memperkuat kunjungan wisata di dalam negeri.

Geliat mempercantik Taman Pracima mulai dilakukan sejak tahun 2022. Dalam sebuah peninjauan pada November 2022, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming bersama KGPAA Mangkunegara X menyampaikan bahwa revitalisasi ini dapat berjalan atas kerja sama Kementerian Badan Usaha Milik Negara serta Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. 

Taman Pracima beserta bangunan-bangunan di dalamnya, di antaranya Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik, direncanakan menjadi wadah pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta kuliner khas Mangkunegaran.

Advertisement

BUMN yang bergerak di sektor energi, PT PLN (Persero), juga telah menjadikan Istana Pura Mangkunegaran, Surakarta sebagai cagar budaya pertama yang memakai Renewable Energy Certificate (REC). 

Selain Pura Mangkunegaran, BUMN juga berkontribusi dalam pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur, Bali sebagai destinasi wisata kesehatan. Penataan ini diharapkan dapat memperbaiki struktur ekonomi di Bali yang selama ini bergantung pada konsep turisme massal dan bukan berbasis kualitas.   

Di kawasan seluas 41,26 hektare itu akan dibangun fasilitas kesehatan berupa rumah sakit dan klinik bertaraf internasional bekerjasama dengan rumah sakit terbesar di Amerika Serikat Mayo Clinic.  

Kemudian juga ada revitalisasi Hotel Bali Beach atau Grand Inna Bali Beach (GIBB), convention center, ethnomedicinal botanic garden, dan commercial center untuk menampung UMKM.

KEK Kesehatan Sanur merupakan program Kementerian BUMN yaitu PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau Injourney melalui anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour (HIN). Proyek ini bekerja sama dengan Indonesia Healthcare Corporation (IHC).

Di wilayah Sumatera Barat, sejumlah BUMN juga terlibat dalam upaya menghidupkan kembali “Mak Itam”, sebuah lokomotif uap tua seri  E1060 buatan Jerman di Sawahlunto yang sempat mati suri sejak 2014. Menteri BUMN Erick Thohir melakukan peresmian pengoperasian kembali lokomotif tua tersebut pada Selasa (20/12/2022).

Untuk menghidupkan kembali lokomotif legendaris Mak Itam, dana yang dikucurkan mencapai Rp20 miliar. Empat BUMN ditugaskan berkolaborasi: PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero).

"Saya terus mendorong aset-aset bersejarah milik BUMN bisa dihidupkan agar memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Ini juga bisa mendorong UMKM dan pariwisata bisa tumbuh sehingga ikut mendongkrak perekonomian daerah," kata Erick.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.

Artikel Terkait