Traveloka Dorong Digitalisasi Pariwisata di Yogyakarta

Menurut data internal Traveloka, pencarian konsumen terhadap destinasi Yogyakarta meningkat hampir 40% pada tahun 2022, dibandingkan dengan tahun 2021.
Anshar Dwi Wibowo
2 Februari 2023, 18:18
Traveloka
traveloka

Traveloka berupaya mendorong digitalisasi pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dalam pemulihan sektor pariwisata, pemberdayaan talenta, serta percepatan transformasi digital.

Iko Putera, CEO of Transport, Traveloka, menuturkan bahwa digitalisasi mendorong manfaat luar biasa dengan menawarkan peluang pertumbuhan ekonomi baru di berbagai sektor, termasuk industri pariwisata. 

“Menurut riset East Ventures Digital Competitiveness Index (EV DCI) 2022, DIY berada di peringkat ketiga daya saing digital dengan skor 60,6. Oleh karena itu, Traveloka melihat bahwa transformasi digital juga turut berkontribusi dalam membangun sektor pariwisata di DIY,” katanya, melalui keterangan tertulis.

Traveloka terus berupaya mendukung digitalisasi dalam layanan perjalanan dan wisata end-to-end. Hal ini tidak hanya membantu wisatawan untuk merencanakan dan menikmati perjalanan wisata, tetapi juga menggerakkan ekonomi di sekitar lokasi yang terlibat dalam ekosistem destinasi wisata.

Upaya itu turut merangsang pertumbuhan pariwisata Yogyakarta dalam rangka mendorong pemulihan ekonomi. Menurut data internal Traveloka, pencarian konsumen terhadap destinasi Yogyakarta meningkat hampir 40% pada tahun 2022, dibandingkan dengan tahun 2021. 

Sebagai bentuk komitmen terhadap pemulihan pariwisata dan kesehatan masyarakat di Yogyakarta, Traveloka juga aktif mempromosikan Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan) (CHSE) kepada seluruh partner akomodasi di DIY. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...