Perumda AM Manfaatkan Solusi IoT “Antares” Milik Telkom

Meningkatkan kualitas layanan penyediaan air minum pelanggan lewat aplikasi digital yang disediakan Telkom.
Image title
Oleh Riri
17 Februari 2023, 22:05
Perumda AM Manfaatkan Solusi IoT “Antares” Milik Telkom
Dok Telkom

PT Telkom Indonesia Tbk bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumda AM) Kota Padang untuk meningkatkan kualitas pengukuran dan pemantauan konsumsi air. 

Kedua pihak melakukan Piloting Smart Water Meter dengan Valve yang memanfaatkan solusi IoT Antares, produk dari umbrella brand Leap-Telkom Digital.

Direktur Digital Business Telkom M Fajrin Rasyid menyampaikan solusi Smart Water Meter dengan Valve dari Antares menghadirkan berbagai manfaat dalam proses operasional. Dalam hal ini, Perumda AM Kota Padang kini bisa membaca meter pelanggan secara konsisten pada tanggal sama. 

Rencananya, Piloting Smart Water Meter dengan Valve akan dipasang di 100 titik yang terbagi ke dalam dua fas. Setiap fase akan dipasang sebanyak 50 titik.

Advertisement

Solusi IoT Smart Water Meter dengan Valve dapat mencatat kubikasi pada meter air pelanggan secara digital. Parameter yang dapat dicatat adalah kubikasi akhir di meter pelanggan melalui data yang diambil dari pulse meter air. Dengan begitu pengguna bisa mendapatkan data yang lebih akurat. 

Pemanfaatan solusi ini juga meminimalisasi risiko kenaikan tagihan yang disebabkan oleh meter tidak terbaca, kesalahan pencatatan, fraud, maupun perbedaan ekspektasi dengan pelanggan. Maka itu, solusi diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Perumda AM Kota Padang, terutama dari sisi transparansi pemakaian air.

Manager IT Perumda AM Kota Padang Dheny Skylab mengungkap, sebelum menggunakan solusi Antares, pihaknya kerap menghadapi sejumlah kendala, seperti penagihan pelanggan tidak tercatat dan sulitnya mendapat izin masuk ke lokasi tertentu. Selain itu, memutus aliran air di lapangan juga butuh biaya, bahkan terkadang harus berhadapan dengan warga.

“Kami tidak perlu turun ke lapangan untuk memutus aliran air. Pemutusannya pun tidak memerlukan waktu yang lama dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dengan warga. Kami harap jika ada pelanggan yang menunggak, bisa langsung kami putus secara mobile,” jelas Dheny.

Melalui solusi IoT Antares, pelanggan bisa mengetahui estimasi tagihan bulanan berjalan di aplikasi mobile sehingga pelanggan dapat memprediksi total tagihan di akhir bulan. 

Perumda AM Kota Padang juga dapat menerapkan sistem isolir (buka-tutup valve) jika pelanggan menunda tagihan. Pada prosesnya, alur integrasi data tersebut akan menjadi basis dari tagihan kepada pelanggan. 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Advertisement

Artikel Terkait