Digitalisasi Dorong Kesuksesan 3 Srikandi Pebisnis Kuliner

Memanfaatkan GoFood untuk memperluas pasar dan meningkatkan omzet di bisnis kuliner.
Image title
Oleh Riri
8 Maret 2023, 18:55
Komunitas Partner GoFood
Dok GoFood

Perempuan masa kini semakin gigih menunjukkan peran dan kontribusinya di masyarakat. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, perempuan memiliki andil yang cukup besar di bidang kewirausahaan, khususnya bagi sektor UMKM.

Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, tercatat 64% dari total 64 juta UMKM di Indonesia dikelola dan dimiliki oleh kaum perempuan. Hal ini menunjukkan perempuan kian lincah mengambil peluang untuk maju dan memberikan dampak positif bagi perekonomian.

Ketangguhan perempuan dalam mengembangkan usahanya tidak luput dari pemanfaatan teknologi digital. Gojek, sebagai penyedia on-demand services terkemuka di Indonesia, turut mendukung lewat layanan digital yang dapat dimanfaatkan seluruh kalangan. Salah satunya GoFood yang memberikan peluang setara untuk pengusaha perempuan di bidang kuliner.

Dalam semangat dan antusiasme Hari Perempuan Internasional (International Women’s Day) pada Rabu, 8 Maret 2023, GoFood bagikan kisah inspiratif dari tiga sosok srikandi yang berani melangkah menjadi womenpreneur di era digitalisasi.

1. Novita Mayasari, pemilik usaha Bassnana Kerang & Kafe, Semarang

Tanpa latar belakang di bidang kuliner, Novita berangkat dari keyakinan serta kegigihannya untuk membuka usaha kuliner Bassnana Kerang & Kafe pada 2018 bersama suami di Semarang, Jawa Tengah. Berawal dari kecintaan pasangan suami istri ini terhadap makanan kerang dan seafood, keduanya berinovasi untuk menghadirkan makanan khas laut yang bercita rasa unik di daerahnya. 

Dalam perjalanannya membangun Bassnana Kerang & Kafe, Novita adaptif mengikuti tren berbisnis kuliner. Salah satunya keputusannya adalah bergabung di GoFood pada 2018. Setelah lebih dari 4 tahun tumbuh bersama GoFood, hampir 75% pendapatan Bassnana Kerang & Kafe datang dari pesanan online di GoFood.

“Awal saya bergabung dengan GoFood, masih awam sekali dengan cara berjualan di online. Namun, seiring berjalannya waktu dan dengan adanya dukungan komunitas seperti Komunitas Partner GoFood (KOMPAG) dan aplikasi GoBiz, sangat membantu perkembangan usaha saya. Bahkan dari 2018 hingga 2021 omzet usaha saya meningkat 50% berkat dukungan GoFood dan GoBiz,” katanya.

Novita terpacu mendorong para perempuan di daerahnya untuk maju bersama. Khususnya bagi para ibu yang telah bergabung dengan GoFood tetapi belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bisnis online. Semangat sukses bersama tersebut membuat Novita terpilih sebagai Ketua KOMPAG Semarang sejak 2019 hingga saat ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...