Jangan Mudik, Sayangi Keluarga

Pada masa pandemi ini sebaiknya kegiatan mudik tidak dilakukan sebab ada bahaya mengintai. Terutama terhadap orang tua yang telah berusia lanjut.
Image title
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
10 Mei 2021, 12:08

Tradisi pulang ke kampung halaman pada umumnya untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak keluarga. Ajang berkumpul seperti ini malah bisa berujung bahaya sebab orang tua memiliki risiko terpapar dan kematian yang lebih tinggi bila terkena Covid-19. 

Berdasarkan analisa Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, penduduk lansia di atas 60 tahun berisiko 19,5 kali lipat terhadap kematian. Sedangkan kelompok usia 46-59 tahun memiliki risiko 8,5 kali lipat. Apalagi bagi masyarakat yang memiliki komorbid atau penyakit bawaan.

Bulan Ramadan tanpa tradisi mudik bagi banyak orang mungkin terasa tidak afdal. Namun, di masa pandemi Covid-19 ini sebaiknya kegiatan mudik tidak dilakukan sebab ada bahaya mengintai. Terutama terhadap orang tua yang telah berusia lanjut.

Meski demikian, kita tetap bisa menjalin silaturahmi dengan memanfaatkan teknologi. Agar aman bersilaturahmi kita bisa menggunakan fitur video call pada aplikasi pesan instan atau manfaatkan komunikasi berbasis video yang mampu menampung banyak orang.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.