Perlindungan Diri Ketika Keluar Rumah di Saat Pandemi

Skrining kesehatan saat keluar rumah di saat pandemi Covid-19 dapat mencegah penularan virus dan melindungi sesama.
Image title
17 September 2021, 12:49

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 dan Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Reisa Broto Asmoro mengimbau masyarakat untuk melakukan skrining pribadi bagi ketika hendak keluar rumah di saat pandemi.

Menurutnya, skrining pribadi tak kalah penting untuk dilakukan untuk melindungi sesama dari penularan virus Covid-19. Skrining yang dimaksud dapat berupa pengecekan suhu tubuh dan memastikan tidak sedang sakit. 

Ia juga menyarankan masyarakat mengenakan masker dobel untuk memberi perlindungan lebih optimal. Selain itu, bila memungkinkan masyarakat perlu membawa pencuci tangan, masker cadangan, dan desinfektan pribadi.

Reisa juga mengimbau masyarakat untuk tidak berkerumun, tidak berlama-lama berada di luar rumah, perbanyak berada di ruang dengan ventilasi baik, memastikan masker dipakai dengan benar, serta menyiapkan aplikasi PeduliLindungi untuk masuk lokasi pusat hiburan dan pariwisata.

“Masyarakat harus membiasakan diri mengikuti norma baru di ruang publik, atau yang dikenal dengan istilah adaptasi kebiasaan baru. Gencarkan vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan,” ujarnya, mengutip laman Satgas Covid-19.

Adapun panduan skrining dapat dipelajari dalam Buku Panduan Protokol Kesehatan Satgas Covid-19 atau dengan mengikuti akun Instagram @satgasperubahanperilaku.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.