Mengapa Perlu Suntik Vaksin Covid-19 Dua Kali?

Dosis kedua vaksin Covid-19 berfungsi untuk memperkuat respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.
Image title
29 September 2021, 13:23

Sejumlah vaksin Covid-19 yang dipakai di Indonesia membutuhkan dua dosis suntikan. Antara lain Sinovac, Sinopharm, dan AstraZeneca. Jarak waktu antara suntikan pertama dan kedua pun beragam antara jenis vaksin. 

Namun, kenapa vaksin mesti disuntikkan dua kali? Suntikan dosis kedua dengan jarak waktu tertentu diperlukan untuk memaksimalkan perlindungan. Berdasarkan informasi dari Satgas Penanganan Covid-19, kedua dosis tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Dosis pertama disuntikkan untuk memicu respons kekebalan awal. Sedangkan, dosis kedua dilakukan agar dapat menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya. Setelah itu, antibodi yang dihasilkan dari vaksin akan optimal 14-28 hari setelah suntikan kedua dilakukan.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.