Dukung Vaksinasi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Untuk vaksinasi anak berkebutuhan khusus (ABK), dapat mengakses langsung ke Puskesmas atau sentra vaksinasi seperti masyarakat pada umumnya.
Image title
8 Oktober 2021, 19:08

Vaksinasi Covid-19 bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) dan penyandang disabilitas merupakan salah satu prioritas pemerintah. Saat ini, vaksin ialah Sinopharm yang merupakan hibah Raja Uni Emirat Arab.

Kendati demikian, menurut Plt. Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kartini Rustandi, dalam siaran pers, tidak tertutup kemungkinan bagi ABK untuk mendapatkan suntikan vaksin merek lainnya.

“Untuk vaksinasi ABK, dapat mengakses langsung ke Puskesmas atau sentra vaksinasi seperti masyarakat pada umumnya. Di lokasi tersebut, pendamping harus menyampaikan kepada petugas tentang kondisi ABK yang didampingi,” katanya.

Menurut Founder London School Center For Autism Awareness Prita Kemal Gani, penting bagi ABK untuk disediakan jalur vaksinasi khusus. Mengingat, anak dengan autism cenderung memiliki tingkat keresahan tinggi, tidak bisa menunggu atau berkumpul bersama banyak orang, dan mempunyai kesulitan komunikasi verbal.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.