Dukungan BUMN untuk Produksi Minyak Makan Merah

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
11 Januari 2023, 11:26

Pada Jumat (6/1), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunjungi salah satu lokasi pembangunan pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Menurutnya, pabrik tersebut merupakan upaya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan terkait minyak goreng di masyarakat. Terlepas dari isu kelangkaan minyak goreng yang sudah mereda. 

Proyek percontohan ini dikerjakan secara gotong royong oleh sejumlah pihak, termasuk BUMN. Holding PTPN bertugas sebagai fasilitator penyedia sumber bahan baku (CPO), air, energi listrik, dan lahan.

Inovasi teknologi dilakukan PPKS bersama PT Riset Perkebunan Nusantara yang dapat menghasilkan sekitar 500 kg minyak makan merah per jam.

Sedangkan para pedagang nantinya akan mendapat dukungan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank Mandiri. Bank Mandiri juga bertugas menyediakan pembiayaan untuk distributor dan pemasaran produk lewat program ProMandiri.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.