Pertamina, Tempat Berkarier yang Komplit Bagi Pencari Kerja

Dwi Wahyu Daryoto
Oleh Dwi Wahyu Daryoto
15 Juni 2016, 14:06
Dwi Wahyu Daryoto
Pertamina

PT Pertamina (Persero) berhasil meraih penghargaan Top 10 Companies/ Organization to Work For dalam Indonesian Employers of Choice Award 2015 yang diselenggarakan majalah SWA bersama HayGroup. Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum PT Pertamina (Persero), Dwi Wahyu Daryoto, menyampaikan langkah strategis dan upaya inovatif di masa mendatang, agar perusahaan tetap bertahan dan tumbuh.

SWA dan HayGroup memberikan penghargaan kepada Pertamina sebagai perusahaan yang paling diidamkan para pencari kerja. Bagaimana mencermati pencapaian ini?

Bagi perusahaan penghargaan tersebut memberikan dua aspek. Pertama, membanggakan. Kemudian aspek untuk mempertahankan prestasi yang sudah diraih. Diharapkan kami bisa mempertahankannya pada tahun-tahun berikutnya. Sebab bentuk penghargaan merupakan suatu tantangan sekaligus kebanggaan.

Apakah pencapaian ini menunjukkan hasil dari kinerja pekerja Pertamina, atau menunjukkan Pertamina adalah One of The Most Wanted Company in Indonesia?

Menurut saya, hal ini ada hubungannya dengan andil para pekerja karena tidak mungkin hanya dilakukan oleh manajemen atau direksi. Pekerjalah yang awalnya memberikan performa terbaiknya, yang akan memberi dampak positif kepada perusahaan. Citra positif perusahaan inilah yang memberi dampak positif kepada para pencari kerja. Di samping itu, pekerja juga punya ikatan alumni melalui grup informal sehingga tercipta sharing pengalaman. Misalnya, seperti program “Pertamina Mengajar”, baik direksi maupun manajemen berbagi informasi mengenai Pertamina di kampus-kampus.

Apakah ini merupakan buah dari transformasi yang sudah berjalan bertahun-tahun di Pertamina ?

Hal tersebut menurut saya merupakan buah dari transformasi Pertamina yang dijalankan selama ini. Sebab transformasi itu memang dilakukan secara terus menerus. Dengan program transformasi yang berlandaskan kepada nilai-nilai 6C diharapkan bisa mengubah citra Pertamina ke arah yang lebih baik. Sementara itu, kita harus hati-hati terhadap pengaruh kinerja internal pasca memperoleh penghargaan. Karena penghargaan seperti ini membuat kita terlena, meninabobokan kita, sehingga kita merasa di comfort zone. Namun demikian, segi positifnya para pekerja akan makin termotivasi dan semakin tersaingi dan akan meningkatkan kinerjanya. Kita harus tunjukkan bahwa pekerja Pertamina berkualitas.

SWA dan HayGroup melakukan survei terkait penghargaan ini berdasarkan beberapa parameter, antara lain gaji, tunjangan dan jenjang karier yang terukur. Apakah hal ini sesuai ekspetasi pekerja yang sudah bergabung dengan Pertamina?

Gaji merupakan hal yang sangat manusiawi, karena tidak ada orang yang tidak mau digaji tinggi. Kesemuanya itu tentu sudah ada standarisasi, bagi saya bukan unsur gaji saja yang dilihat. Justru melalui employee engagement maka seorang pekerja bakal terikat, baik terhadap pekerjaannya maupun perusahaan, dengan begitu kinerjanya pun akan unggul. Pembentukan employee engagement sangat penting bagi Pertamina guna mendongkrak visi dan misi perusahaan. Dengan demikian, bukan hanya gaji yang menjadi tolok ukur bagi pekerja Pertamina. Justru fokus utama mereka adalah jenjang karir. Pertamina merupakan tempat berkarier yang paling komplit dan kompleks bagi jobseekers. Karena semuanya harus berawal dari hulu dan hilir. Bahkan itu pun tidak hanya melulu bisnis migas saja. Terdapat banyak penunjang seperti Patra Jasa, Perhotelan, Rumah Sakit, kemudian Pelita Air Service di bidang penerbangan. Maka dari itu, hal ini yang harus kita informasikan dengan baik untuk memberikan kesempatan kepada mereka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...