Pertamina Tunjuk Mantan Manajer ISC Pimpin Petral

Aria W. Yudhistira
21 Januari 2015, 09:26
Katadata
KATADATA
Pertamina menunjuk Totok Nugroho sebagai Direktur Utama Petral.

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menunjuk Totok Nugroho sebagai Direktur Utama Pertamina Energy Trading Limited (Petral). Totok menggantikan Bambang Irianto yang sudah memasuki masa pensiun.

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Pertamina Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, salah satu alasan penunjukan Totok karena dianggap memiliki integritas yang baik. ?Sudah memilih Totok Nugroho alasannya memiliki kompetensi dan integritas yang baik,? kata dia kepada Katadata, Selasa (20/1).

Totok juga pernah menjabat posisi strategis di Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina. ?Dulu pernah jadi manajer ISC,? ujar dia.

Pergantian Direksi Petral ini sejalan dengan rekomendasi Tim Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi (Migas). Tim yang dipimpin Faisal Basri ini merekomendasikan pergantian semua direksi Petral.

Faisal Basri mengatakan, rekomendasi ini berdasarkan pada temuan timnya selama ini. Salah satunya adalah adanya kebocoran informasi mengenai spesifikasi produk yang akan dipesan melalui Petral kepada para pedagang minyak (trader). Padahal proses tender belum berlangsung.

Selain itu, Petral mengklaim pengadaan minyak lambat laun sudah semakin banyak melalui perusahaan minyak negara lain (national oil company/NOC), bahkan sekarang sudah sepenuhnya dari NOC.

Dengan perubahan ini muncul kesan kuat mata rantai pengadaan minyak semakin pendek. Tapi kenyataannya NOC yang memenangi tender pengadaan tidak selalu memasok minyaknya sendiri, bahkan kerap memperoleh minyak dari pihak lain. 

Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...