Ribuan Kendaraan Listrik Disiapkan untuk Operasional KTT G20

Vika Azkiya Dihni
1 November 2022, 17:39
Warga berjalan di dekat mobil listrik yang akan digunakan personel Polri saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (29/10/2022). Ratusan unit kendaraan listrik yang akan digunakan polisi untuk pengamanan dan pengawa
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom.
Warga berjalan di dekat mobil listrik yang akan digunakan personel Polri saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (29/10/2022).

Sebanyak 1.452 kendaraan listrik akan digunakan untuk operasional selama perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali 15-16 November 2022. Rinciannya, 962 unit mobil listrik, 454 motor listrik, dan 36 bus listrik. 

PT Hyundai Motors Indonesia tercatat menjadi pabrikan penyumbang terbesar mobil dinas untuk KTT G20 Bali. “Hyundai telah menyediakan 393 kendaraan listrik,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam keterangan resmi.

Beberapa kendaraan yang disiapkan pabrikan asal Korea Selatan tersebut antara lain Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase, Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase, dan Hyundai IONIQ 5. 

Selain dari Hyundai, Lexus juga menyiapkan mobil listrik Lexus UX300e sebagai kendaraan operasional KTT G20 Bali. Tak hanya itu, Wuling Air ev dan Toyota bZ4X juga akan beroperasi selama acara yang akan dihadiri sejumlah petinggi negara G20 tersebut.

Tak hanya mobil, selama KTT G20 juga tersedia fasilitas sepeda motor listrik. Beberapa di antaranya adalah Zero DSR, Energica EsseEsse9+, Gesits, dan Honda PCX Electric.

(Baca: 3 Tipe Mobil Listrik Hyundai di KTT G20)

PLN Siapkan SPKLU di Tempat Strategis

Halaman:
Reporter: Vika Azkiya Dihni
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...